Pelindo II Modernisasi Terminal Peti Kemas Semarang

Bisnis.com,30 Mei 2016, 18:04 WIB
Penulis: Fatia Qanitat
Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Jateng./Bisnis

Bisnis.com, SEMARANG - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) terus melakukan modernisasi dengan pemanfaatan teknologi Automated Rubber Tyred Gantry (ARTG).

Erry Akbar Panggabean, General Manager Pelindo III TPKS, mengatakan proses modernisasi peralatan terus dilakukan. Pada Juli nanti, kata Erry, TPKS akan menerima 11 unit ARTG, dan sebanyak 9 unit tambahan lainnya akan diterima pada Desember nanti.

"Pengoperasian 11 unit ARTG akan dilakukan pada Agustus. Sementara untuk tambahan yang datang Desember, bisa dioperasikan pada Juli 2017. Totalnya, kami akan mengoperasikan 20 unit ARTG," katanya, Senin (30/5/2016).

Dia memaparkan keunggulan dari peralatan baru tersebut adalah pemanfaatan sistem komupterisasi yang akan mendukung keakuratan serta diharapkan dapat menurunkan dwelling time. Selain itu, teknologi tersebut juga telah memanfaatkan tenaga listrik sebagai sumber energi.

Kini, masa tunggu barang atau kontainer menginap di pelabuhan (dwelling time) tercatat selama 4,5 hari. Erry mengatakan dwelling time tersebut sangat ditentukan oleh proses pengurusan dokumen di bea cukai dan karantina.

"Dengan adanya modernisasi alat ini, yang pasti kami telah melakukan efisiensi. Dari sisi keamanan dan keselamatan juga lebih baik bila dibandingkan dengan yang konvensional," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Martin Sihombing
Terkini