INFO CUACA: Bogor Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang Selama Sepekan

Bisnis.com,09 Jun 2016, 10:58 WIB
Penulis: Newswire

Bisnis.com, JAKARTA-BMKG Stasiun Klimatologi Dramaga, Bogor, Jawa Barat memprakirakan wilayah Bogor masih berpotensi hujan sedang hingga lebat yang kadang diiringin angin kencang dan petir sepekan ke depan.

"Sampai dengan akhir Juni wilayah Bogor masih berpeluang hujan sedang hingga lebat yang terjadi umumnya siang atau sore hari menjelang malam," kata Kepala Stasiun Klimatologi, Dramaga, Bogor, Dedi Sucahyono, kepada Antara, Kamis.

Dedi mengatakan, untuk curah hujan selama bulan Juni ini sebagian besar wilayah Bogor diprediksi di atas normal atau di atas rata-rata.

Menurutnya, hujan yang disertai angin serta petir selama tiga hari terakhir karena umumnya dipengaruhi oleh pancaroba. Didukung juga masih banyaknya uap air akibat masih panasnya suhu muka laut di sekitar Indonesia sehingga menjadikan masih tinggi curah hujan.

"Apalagi suhu muka laut di Pasifik mulai mendingin atau fenomena La Nina mulai tampak," kata Dedi.

Ia mengatakan, fenomena La Nina akan berlangsung sampai dengan tahun 2017. Sehingga masyarakat diimbau untuk mewaspadai musim hujan di 2016 sampai 2017.

"Jadi harus mewaspadai musim hujan 2016 dan 2017," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gandjar Gunawan mengatakan, selama dua hari terakhir, wilayah Bogor dilanda hujan lebat disertai angin kencang sehingga menyebabkan banyak pohon yang bertumbangan dan sebagai menimpa kendaraan.

"Saat bersamaan pula terjadi longsoran," katanya.

Berdasarkan informasi dari BMKG bahwa hujan lebat disertai angin masih berpotensi terjadi di wilayah Kota Bogor, sehingga masyarakat diimbau tetap waspada.

"Kondisi ini diperkirakan terjadi sampai akhir Juni," katanya.

Berikut prakiraan cuaca untuk hari Kamis, pagi hari umumnya wialyah Jawa Barat cerah dan berawan, potensi hujan ringan sebagian Sukabumi Selatan, Cianjur Selatan, Tasikmalaya, Ciamis, Cirebon, Indramayu Utara dan Kuningan.

Pada siang dan sore hari, cuaca berawan potensi hujan ringan diprakirakan terjadi di sebagian besar wilayah Jawa Barat. Adapun wilayah yang berpotensi hujan sendang diprakirakan terjadi di Bogor, Sukabumi, Tasikmalaya, Ciamis, Kuningan diprakirakan terjadi sore hari.

Cuaca malam hari umumnya berawan potensi hujan ringan masih terjadi di sebagian besar wilayah Jawa Barat. Potensi hujan sendang diprakirakan terjadi di Sukabumi, Tasikmalaya, Ciamis dan Kuningan.

Sementara itu pola tiupan angin secara umum bertiup dari arah Timur - Tenggara dengan kecepatan 10-25 km per jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini