Merek Buah Lokal Indonesia Dapat Apresiasi IOB

Bisnis.com,10 Jun 2016, 19:22 WIB
Penulis: Dara Aziliya
Ilustrasi Festival Bunga dan Buah Nusantara di Bogor/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Di tengah gempuran merek buah-buahan asing asal negara lain di pasar-pasar Tanah Air, merek buah lokal Indonesia membuktikan daya saingnya tidak kalah dengan buah-buahan impor.

Hal tersebut ditunjukkan dengan merek buah Indonesia yaitu Sunpride dan Sunfresh mendapat apresiasi dalam penghargaan Indonesia Original Brand (IOB) 2016 untuk katagori ‘Buah Bermerek’ pilihan masyarakat Indonesia.

Sunpride diakui sebagai merek lokal unggulan yang dianugerahi The 1st Chamion of Indonesia Original Brand 2016 dengan indeks IOB sebesar 7,63, di atas rata-rata keseluruhan indeks IOB 2016. Adapun, Sunfresh mendapatkan nilai indeks IOB sebesar 7,58.

Managing Director PT Sewu Segar Nusantara, perusahaan produsen buah-buahan lokal bermerek SUnpride dan Sunfresh, Martin M Widjaja menyampaikan saat ini potensi permintaan buah-buahan lokal sangat besar dan peluang peningkatan inovasi masih sangat besar.

“Pengharaag tersebut membuktikan bahwa produk Indonesia juga dapat bersaing di negeri sendiri. Ini menjadi motivasi kami untuk mengendepankan kualitas dalam memenuhi permintaan pasar yang masih sangat besar sehingga ruang untuk berinovasi masih lebar,” katanya di Jakarta, Jumat (10/6/2016).

Adapun, survey IOBtersebut dilakukan oleh Majalah SWA dan lembaga riset Business Digest terhadap merek-merek asli Indonesia yang menggunakan empat parameter yaitu Satisfaction (Kepuasan), Loyalty (Loyalitas), Advocacy (Advokasi), dan Foreign Local Comparison (FLC).

Bisnis mencatat pemerintah pun berkomitmen mendorong pengembangan buah-buah tropis produksi dalam negeri. Kementerian Pertanian misalnya, mengalokasikan 100.000 hektare dari lahan perusahaan PTPN untuk dapat mengembangkan buah-buahan tropis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Martin Sihombing
Terkini