BELAJAR ILMU TEKNIK: Terapan Eksperimen Senangkan Anak

Bisnis.com,11 Jun 2016, 18:03 WIB
Penulis: Azizah Nur Alfi
Ilustrasi./.

Bisnis.com, JAKARTA - Seringkali orang berpikir ilmu teknik terbatas pada mesin dan konstruksi.

Padahal, ilmu teknik dapat dipahami melalui hal-hal yang ada di sekeliling kita. Oleh karena itu, ilmu teknik juga dapat dipelajari oleh anak-anak.

Stan Engineering For Kids di Discovery Kids Summer Camp 2016, Mal Taman Anggrek, Jakarta, salah satu yang mengajarkan tentang ilmu teknik.

"Engineering adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita dan keseharian kira. Semua berkaitan dengan engineering," tutur Manajemen Engineering for Kids, Chyntia.

Chyntia menjelaskan salah satu kegiatannya yakni membuat lampu senter dengan alat dan bahan yang tersedia di rumah. Selain membuat lampu senter, masih ada 200 percobaan lain. Pesertanya bisa diikuti mulai dari usia 4 tahun.

"Belajar harus menyenangkan. Dengan eksperimen ini, anak-anak dapat belajar dengan menyenangkan," imbuhnya.

Selain ilmu teknik, peserta mulai usia 3 tahun juga dapat belajar kerajinan tangan di stan Caramelle Craft Class.

“Yang menjadi favorit adalah membuat dekorasi ruangan,” imbuh pemilik Caramelle Craft Class, Melina.

Stan Taman Baca Anak Lebah (TBAL) tidak kalah menarik. Sebab, di lokasi itu hadir program storytelling untuk meningkatkan minat baca anak. Melalui aktivitas ini, anak akan terangsang dan terbiasa dengan bahan bacaan.

Di stan ini, anak juga diajarkan berempati kepada sesama melalui pengumpulan buku bekas yang didonasikan ke wilayah Indonesia bagian timur. Buku yang bisa dikumpulkan yaitu buku cerita anak.

“Indonesia bagian timur menjadi prioritas utama karena tidak banyak yang melirik ke lokasi itu,” ujar pemilik TBAL, Vera Maki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Linda Teti Silitonga
Terkini