UNAIR-A4U Jajaki Kerja Sama Riset

Bisnis.com,17 Jun 2016, 15:29 WIB
Penulis: Choirul Anam
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, MALANG— Universitas Airlangga Surabaya (Unair) dan Alliances 4 Universities (A4U ) di Spanyol menjajaki kemungkinan kerja sama di bidang pertukaran mahasiswa dan pengajar fakultas, program joint degree, gelar ganda, dan riset.

Irene Martin, Direktur Urusan Internasional Universitas Otonomi Madrid, mengatakan dalam diskusi yang berlangsung sekitar satu jam itu antara Unair dan 4 perguruan tinggi disimpulkan bahwa banyak potensi kerja sama.

“Program itu bisa dilaksanakan setelah kedua belah pihak menandatangani nota kesepahaman antara universitas dan universitas,” ujarnya dalam keterangan resminya Jumat (17/6/2016).

Bertempat di Ruang Sidang Pleno Kahuripan Unair, kedua belah pihak membicarakan kemungkinan kerjasama yang bisa dijalin di bidang riset dan mobilitas akademik, pada Kamis (16/6/2016).

Keenam delegasi asal Spanyol itu adalah Marius Martinez (wakil rektor yang membidangi kerjasama internasional di Universitas Otonom Barcelona), Marta Vilalta (Direktur Urusan Internasional Universitas Otonom Barcelona), Irene Martin (Direktur Urusan Internasional Universitas Otonomi Madrid), Matilde Sanchez (wakil rektor yang membidangi kerjasama internasional di Universitas Carlos III Madrid), Josep Ferre (wakil rektor yang membidangi kerjasama internasional di Universitas Pompeu Fabra Barcelona), dan Marc Payola (koordinator rombongan).

Di bidang kolaborasi riset, Irene mengaku tertarik dengan penelitian bidang penyakit tropik.

“Salah satu prioritas Unair adalah penelitian penyakit tropik. Tapi kita juga tertarik dengan bidang-bidang lainnya, karena pihak A4U juga memiliki banyak departemen bagus di sana,” tutur Irene.

Perwakilan dari Fakultas Hukum Unair Adhi Riady, mengatakan pihaknya tertarik menjalin kerjasama bidang mobilitas akademik dalam skema program Erasmus Mundus. Begitu pula dengan perwakilan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unair Nisful Laila.

Menanggapi permintaan tersebut, Ferrer mengatakan pihaknya terbuka dengan kegiatan mobilitas akademik.

“Kami senang dengan tawaran mobilitas akademik, karena kami juga memiliki mata kuliah yang diajarkan dalam Bahasa Inggris, ada mobilitas akademik, dan program gelar ganda. Ini merupakan kesempatan yang bagus,” tutur Wakil Rektor Urusan Kerjasama Internasional Universitas Pompeu Fabra.

Delegasi asal Universitas Otonomi Madrid, Irene, mengatakan kunjungan pihak A4U ke Indonesia merupakan pertama kali. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka ekspansi kerjasama internasional.

“Kami pikir, ada banyak mahasiswa yang ingin datang ke Spanyol, tapi tidak memiliki banyak informasi karena kita (Indonesia dan Spanyol, ¬-red) tidak begitu memiliki hubungan sejarah, Indonesia merupakan salah satu negara yang menarik untuk dikunjungi,” tutur Irene.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Linda Teti Silitonga
Terkini