Kadin: Perjelas Arah & Implementasi Paket Kebijakan Ekonomi

Bisnis.com,28 Jun 2016, 20:51 WIB
Penulis: Lavinda
Logo Kadin Indonesia/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Kalangan dunia usaha menyarankan pemerintah lebih memperjelas arah dan tujuan paket kebijakan ekonomi serta mengoptimalkan implementasinya di lapangan.
 
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Roslani mengaku mengapresiasi upaya pemerintah yang telah memberi peluang kepada dunia usaha untuk terlibat dalam perencanaan dan evaluasi atas kebijakan ekonomi dan bisnis.
 
Beberapa waktu lalu, Kadin dilibatkan dalam proses evaluasi 12 Paket Kebijakan Ekonomi yang diterbitkan pemerintah. Dirinya menilai paket kebijakan cukup baik dan ditanggapi positif oleh kalangan dunia usaha, namun arah dan tujuan paket kebijakan ekonomi masih belum jelas dan belum dilaksanakan secara optimal.
 
Oleh karena itu, lanjutnya, sinergi antara para pelaku usaha, pelaku ekonomi, dan pemerintah merupakan keharusan dalam mengakselerasi roda perekonomian nasional, terlebih di tengah tantangan pelemahan ekonomi Indonesia.
 
“Jangan kehilangan momentum, gebrakan yang dilakukan pemerintah sudah sangat baik tapi implementasinya di lapangan yang lebih ditunggu lagi oleh masyarakat, sinergi yang paling diharapkan,”ujar Rosan dalam Dialog Ekonomi dan Buka Puasa Bersama Dunia Usaha Indonesia, di Jakarta, Selasa(28/6/2016).
 
Menurut dia, dunia usaha belum terlalu merasakan dampak paket kebijakan, khususnya yang terkait deregulasi. Arah dan tujuan paket kebijakan itu harus memiliki kerangka arah dan tujuan sehingga mudah diimplementasikan di lapangan. Pihaknya meminta pemerintah mengevaluasi seluruh paket kebijakan ekonomi tersebut agar memiliki arah yang lebih jelas.
 
Intinya, dia berharap dunia usaha dan pemerintah berintegrasi secara harmonis dan menyampingkan ego sektoral demi menciptakan iklim usaha yang kondusif. Menurut dia, perhatian berbagai pihak terhadap pembangunan ekonomi merupakan faktor yang menentukan peluang ekonomi di masa mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam Agus
Terkini