Apa Kabar Lelang Jabatan di Kementerian Kominfo?

Bisnis.com,30 Jun 2016, 11:58 WIB
Penulis: Samdysara Saragih
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara/Antara-Tommy Saputra

Bisnis.com, JAKARTA – Panitia Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Kementerian Komunikasi dan Informatika siap-siap menyerahkan nama-nama calon pajabat eselon I kepada Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara pekan depan.

Anggota Panitia Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Madya (JPT) Kemkominfo Agus Pambagio mengungkapkan, lelang jabatan dibuka untuk enam kursi pejabat eselon I. Panitia telah memilih masing-masing tiga nama di setiap lowongan jabatan.

“Minggu depan panitia selesai bekerja. Kami akan usulkan tapi pengumuman tunggu Menkominfo dulu,” katanya usai acara diskusi di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta, Rabu (29/6/2016) malam.

Enam kursi yang lowong itu adalah Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika.

Selain itu, Staf Ahli Bidang Teknologi, Staf Ahli Menteri Bidang Sosial, Ekonomi, dan Budaya; serta Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa.

Agus mengungkapkan, lelang tersebut dibuka untuk kalangan pegawai negeri sipil. Namun, khusus Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, kesempatan juga diberikan kepada non-PNS setelah mendapatkan persetujuan presiden.

Alhasil, dalam pengumuman pada 12 Mei lalu, terdapat nama-nama pelaku bisnis dan praktisi telematika yang ikut fase wawancara. Mereka antara lain Direktur Strategi Portofolio PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Indra Utoyo, Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute Heru Sutadi, hingga pentolan Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) Samuel A. Pangerapan.

Dalam pengumuman lelang jabatan pada Februari lalu, enam pejabat tinggi madya seharusnya sudah terpilih pada April 2016. Alhasil, sampai kini enam kursi tersebut masih didukui oleh para pelaksana tugas.

Berdasarkan UU No. 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara, panitia lelang jabatan akan menyerahkan tiga nama calon kepada menteri untuk kemudian diusulkan kepada presiden. Kepala negara lantas menetapkan satu nama sebagai pejabat resmi.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Pengisian JPT Madya Kemkominfo Sarwono Kusumaatmadja menuturkan, hanya Presiden Joko Widodo yang tahu siapa yang akan mengisi enam jabatan kementerian itu.

“Kita nanti tahu kalau ada pengumuman di situs atau koran,” katanya sembari tersenyum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini