BURSA EROPA: Optimisme Akan Stimulus Bank Sentral Dorong Indeks Stoxx 600 Ditutup Naik 0,43%

Bisnis.com,28 Jul 2016, 06:05 WIB
Penulis: Aprianto Cahyo Nugroho
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa ditutup menguat pada pedagangan Rabu (27/7/2016) menyusul laporan keuangan emiten yang positif serta optimisme akan stimulus dari bank-bank sentral di dunia.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,43% atau 1,48 poin ke 342,74 setelah juga dibuka menguat 0,18% atau 0,61 poin ke 341,87.

Pekan lalu, gubernur European Central Bank Mario Draghi mengatakan bank sentral akan mempertimbangkan untuk meningkatkan stimulus setelah mendapat gambaran jelas tentang dampak dari Brexit.

Sementara itu di Jepang, PM Shinzo Abe mengumumkan rencana tambahan stimulus sebesar 28 trilun yen (US$265 miliar) untuk meningkatkan perekonomian, dan The Fed dijadwalkan mengumumkan suku bunga acuan hari ini setelah bursa Eropa ditutup.

Michael Woischneck, dari Lampe Asset Management mengatakan laba emiten yang positif terus mendorong penguatan saham.

"Selain bank, perusahaan-perusahaan di Eropa memiliki kinerja baik setelah Brexit. Tapi kita harus perhatikan pernyataan the Fed Jumat malam ini setelah pertemuan dua hari mereka,” katanya seperti yang dikutip Bloomberg.

Di antara saham emiten yang bergerak, LMVH Moet Hennessy Lous Vuitton SE melonjak 7,5% setelah produsen barang mewah terbesar di dunia ini melaporkan pertumbuhan permintaan produk sampanye dan cognag.

Sementara itu, Telecom Italia melonjak 7,8% setel membukukan kenaikan laba kuartal II yang signifikan. Airbus Group SE menguat 4,5% setelah membukukan laba di atas perkiraan analis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Gita Arwana Cakti
Terkini