TRIK PROPERTI: 5 Desain Perabot Unik Menyatu dengan Dinding

Bisnis.com,04 Agt 2016, 13:10 WIB
Penulis: News Editor
Tempat tidur ini dirancang sedemikian rupa. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa waktu ke belakang, rumah minimalis berukuran kecil kian diminati masyarakat Indonesia. Selain harganya yang cukup terjangkau, tipe hunian tersebut juga memiliki desain simpel dan modern.

Namun, sang pemilik harus pintar-pintar menyiasati lahan rumah yang sempit. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan perabot yang strukturnya menyatu dengan dinding. Tidak hanya menciptakan keleluasaan di rumah, setiap ruangan pun akan tampak lebih rapi dan menarik.

Berikut ini lima inspirasi desain perabot yang bisa dipilih untuk rumah minimalis Anda.

1.Tempat Aksesori

Jika Anda gemar mengoleksi pernak-pernik, aksesori, dan dekorasi kecil untuk mempercantik ruangan, terapkan ide rak display. Buatlah rak berbentuk kotak di dalam dinding rumah. Anda bisa membuat penutup bermaterial kaca agar aksesori tersebut tetap tampak dan menjadi pemanis ruangan rumah.

Selain sebagai tempat menyimpan pernak-pernik, Anda juga bisa menggunakannya untuk menyimpan barang berharga. Ganti penutupnya dengan sebuah lukisan sebagai kamuflase agar orang tidak mengetahui keberadaan rak tersebut.

2. Rak Peralatan Dapur

Desain perabot yang satu ini sudah cukup sering diaplikasikan pada hunian modern untuk menghemat lahan. Desainnya mirip dengan rak aksesori, namun rak peralatan dapur memiliki ukuran yang lebih besar untuk dapat digunakan untuk menyimpan segala barang.

Agar peralatan yang berada di dalamnya tidak mudah kotor serta diserang hewan seperti kecoa dan tikus, buatlah pintu penutup. Anda dapat memilih desain pintu geser atau tutup-buka layaknya pintu kabinet dapur lainnya.

3. Meja Lipat

Anda dapat menghemat ruangan di rumah mungil dengan meja lipat berukuran kecil. Meja lipat ini memiliki engsel yang menempel pada permukaan dinding, sehingga Anda dapat menggunakannya dengan mudah.

Ketika meja sudah tidak digunakan, Anda hanya perlu melepas kaitan pada engsel tersebut agar meja kembali rata dengan dinding. Meja ini bisa digunakan sebagai tempat bekerja atau meja belajar. Menarik bukan?

4.Lemari Dinding

Sama halnya seperti rak aksesori dan peralatan dapur, desain lemari yang menyatu dengan dinding rumah sangat efisien untuk membuat ruangan terasa lebih luas. Bentuk dari lemari ini pada dasarnya sama dengan lemari pada umumnya, yang membedakan hanya peletakannya.

Biasanya Anda sering menemukan desain lemari ini pada hunian berbentuk apartemen dengan luas unit yang terbatas. Namun, jika diterapkan di rumah minimalis pun akan sangat mungkin.

5. Tempat Tidur

Orang-orang luar negeri mengenal desain tempat tidur ini dengan nama murphy bed. Walau sudah sangat lazim, namun belum banyak masyarakat Indonesia yang menerapkan desain furnitur yang satu ini.

Tempat tidur ini dirancang sedemikian rupa, sehingga dapat terlipat dan bersatu dengan dinding. Desain ini dapat diaplikasikan pada ruang tidur si kecil untuk membuat ruangan menjadi berguna sebagai area bermain dan belajar.

Itulah beberapa perabotan yang dapat menyatu dengan dinding. Anda akan mengaplikasikan yang mana?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fatkhul Maskur
Terkini