BURSA ASIA 4 AGUSTUS: BoE Bangkitkan Optimisme Pasar, Indeks MSCI Menguat

Bisnis.com,04 Agt 2016, 15:58 WIB
Penulis: Aprianto Cahyo Nugroho
Bursa Asia menguat./.

Bisnis.com, JAKARTA– Bursa saham Asia rebound setelah penurunan terburuk dalam lima minggu terakhir, terdorong bursa saham Jepang dan sektor bahan baku memimpin kenaikan regional.

Indeks MSCI Asia Pacific menguat 0,7% ke posisi 135,18 pada pukul 15.00 WIB setelah jatuh 1,9 persen pada Rabu.

Di sisi lain, Bank of England (BoE) juga diperkirakan akan memangkas suku bunganya hari ini, menurut prediksi mayoritas ekonom dalam survey Bloomberg.

“Fokus (pasar) mungkin akan tertuju pada dua agenda, pertemuan kebijakan Bank of England yang akan datang serta laporan nonfarm payroll,” ujar Chris Green, Direktur Ekonomi dan Strategi First NZ Capital Group Ltd. 

Indeks Topix menguat 0,9% setelah rebound dari penurunan 2,2% yang disebabkan oleh kekecewaan terhadap rincian stimulus pemerintah. Toyota Motor Corp, perusahaan terbesar di negara itu, memotong perkiraan laba tahun fiskal setelah penutupan perdagangan.

Sementara itu, bursa saham Filipina memimpin kenaikan regional dengan penguatan 1,1%, sedangkan Indeks Harga Saham Gabungan  (IHSG) menguat 0,43% menjelang penutupan perdagangan.

Indeks Kospi Korea Selatan dan Taiex Taiwan naik 0,3%, indeks S&P/ASX 200 Australia menguat 0,2 persen, sedangkan indeks S&P/NZX 50 Selandia Baru menguat 0,3%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Linda Teti Silitonga
Terkini