Rp349,52 Miliar, Andre Ayew Pecahkan Rekor Transfer West Ham

Bisnis.com,09 Agt 2016, 10:12 WIB
Penulis: M. Syahran W. Lubis
Andre Ayew/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Striker sekaligus kapten Timnas Ghana Andre Ayew bergabung dengan West Ham United dari sesama kontestan Liga Primer Inggris Swansea City dengan memecahkan rekor transfer fee klub barunya sebesar 20,5 juta pound sterling (Rp349,52 miliar).

Ujung tombak berusia 26 tahun itu akan bersama West Ham dengan kontrak berdurasi 3 tahun dengan klub London tersebut mempunyai opsi perpanjangan kontrak selama 2 tahun berikutnya.

Pemain bernama lengkap Andre Morgan Rami Ayew, yang juga dipanggil sebagai Dede Ayew di Ghana, berperan penting dengan menjaringkan 12 gol untuk Swansea City di Liga Primer Inggris musim 2015-2016 dan menempatkan tim asuhan pelatih asal Italia itu finis di posisi 12.

Dia meninggalkan Swansea City setelah hanya setahun meneken kontrak dengan satu-satunya klub Wales yang kini berkiprah di Liga Primer Inggris itu dengan status bebas biaya transfer dari kontestan Ligue 1 Prancis Olympique Marseille.

Nilai transfer Ayew memecahkan rekor sebelumnya sebesar 15 juta pound ketika West Ham mendatangkan Andy Carroll dari Liverpool 3 tahun lalu.

“Saya sangat bangga dan senang bergabung dengan klub hebat ini. Saya berharap bisa menyenangkan semua yang ada di sini,” kata Ayew sebagaimana dilansir website resmi West Ham (www.whufc.com).

“Klub ini mempunyai ambisi besar dan pelatih hebat (Slaven Bilic). West Ham selalu ingin menjadi lebih besar setiap tahun dan dengan stadion baru (Stadion Olimpiade London) dan lapangan latihan yang juga baru, anda akan bisa merasakan klub bergerak ke level lebih tinggi,” lanjutnya.

Striker dengan 67 caps dan 11 gol untuk negaranya itu menjadi boyongan kelima klub berjuluk The Hammers pada bursa transfer musim panas ini setelah pemain sayap Sofiane Feghouli, bek Havard Nordtveit, striker Toni Martinez, dan terakhir bek Arthur Masuaku.

Ayew mencetak 60 gol dalam 202 pertandingan untuk Marseille, klub yang juga tempat ayahnya, Abedi Pele Ayew, bermain. Abedi Ayew juga mantan pemain Timnas Ghana. Adik kandung Andre Ayew, Ibrahim dan Jordan, juga pesepak bola. Jordan main di Aston Villa, sedangkan Ibrahim merumput bersama klub besar Ghana, Asante Kotoko.

West Ham akan memulai perjuangan di pentas Liga Primer Inggris musim 2016-2017 dengan bertandang ke Stadion Stamford Bridge, markas Chelsea, dalam derby London. Pertandingan tersebut dijadwalkan berlangsung pada Selasa (16/8/2016) mulai pk. 02:00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: M. Syahran W. Lubis
Terkini