Dinilai Bikin Banjir, Pembangunan Jalan Cor Beton di Tangsel Dikeluhkan Warga

Bisnis.com,26 Agt 2016, 18:01 WIB
Penulis: Nurudin Abdullah
Perbaikan jalan Dengan Cara Dicor Beton. Ilusrasi/Antara

Bisnis.com, TANGSEL- Perbaikan jalan dengan cara dicor beton di Jl Pajajaran Pamulang dan Jl Raya Victor Ciater Barat, Serpong dikeluhkan warga karena tidak dibarengi dengan pembuatan saluran airnya.

Warga yang tinggal di kanan-kiri jalan itu mengeluh karena setiap kali hujan lebat cenderung meninggalkan genangan air yang cukup dalam di depan rumah mereka  akibat saluran airnya tertutup oleh cor beton jalan.

Sukandar, warga Pamulang, Tangsel mengatakan, pelebaran jalan dengan cor beton yang sedang dikerjakan di Jl Pajajaran dari Jl Otista Raya Ciputat hingga bunderan Unpam Pamulang tidak disertai dengan membangun saluran airnya.

“Boro-boro membangun trotoar di kanan kiri Jl Pajajaran, saluran air yang ada saja sekarang ini hilang karena tertutup oleh cor beton jalan, sehingga setelah hujan lebat itu menyebabkan rumah kami nyaris kebanjiran,” katanya, Jumat (26/8/2016).

Menurutnya, ketinggian jalan hasil pembeton cor semen itu lebih tinggi dari teras rumah warga, sehingga setiap kali hujan lebat maka genangan airnya berpotensi dapat memasuki rumah mereka.

Keluhan yang hampir sama juga dialami Sunarya, warga yang tinggal di kanan-kiri Jl Ciater Barat Victor Raya, Serpong, karena direpotkan oleh genangan air yang cukup dalam akibat pelaksana proyek perbaikan jalan tidak peduli terhadap fungsi saluran air bagi jalan raya.

Saluran air di kanan-kiri jalan sangat penting untuk mencegah jangan sampai ada genangan air sisa hujan lebat. Padahal genangan air di permukaan badan jalan akan mempercepat kerusakan jalan dan merepotkan warga yang rumahnya terkepung air.

“Lihatlah permukaan jalan beton itu sekarang sudah lebih tinggi dari teras rumah saya. Sementara di kanan-kiri jalan itu tidak dibangun saluran air, maka setiap sehingga jika hujan lebat meninggalkan genangan yang cukup dalam di depan rumah,” ujarnya.

Sunarya juga mengungkapkan pelaksanaan proyek perbaikan jalan dengan pengecoran beton itu berdampak menimbulkan kemacetan lalu lintas yang luar biasa, karena diberlakukan buka-butup bagi kendaraan yang bergantian akan melintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Andhika Anggoro Wening
Terkini