Tiga Siswa SMU di Padang Membuat Pasta Gigi dari Cangkang Langkitang

Bisnis.com,27 Agt 2016, 07:50 WIB
Penulis: Mia Chitra Dinisari
Tiga siswa SMU penemu pasta gigi dari cangkang langkitang/dokumentasi

Bisnis.com, JAKARTA-Tiga siswa SMU 1 Padang berhasil menemukan inovasi pembersih gigi dengan menggunakan cangkang langkitang, dan lolos sebagai juara 2 kompetisi  L’Oréal Girls in Science 2016.

Ketiga siswa bernama Huwaid Azijah Nur, Lupi Asmeri Fadhilah dan Putri Rizki Fitriani itu, menghadirkan inovasinya dalam L’Oréal Girls in Science (LGIS) yang merupakan kompetisi sains bagi siswi Sekolah Menengah Atas (SMA), yang bertujuan mempromosikan sains sebagai pilihan karir yang menyenangkan, kreatif dan menjanjikan.

Menurut mereka, inspirasi berasa dari keprihatinan terhadap  masalah sampah, khususnya di daerah pesisir pantai yang memiliki banyak restoran
seafood. Di kota Padang sendiri, terdapat banyak restoran seafood yang menyediakan berbagai makanan dari kerang. Salah satu makanan yang sangat terkenal dari alam  Minangkabau adalah “langkitang”.

Banyak orang yang tidak mengetahui manfaat dari cangkang langkitan, sehingga mereka membuangnya begitu saja setelah menikmati dagingnya. Dari sinilah muncul masalah cangkang langkitang yang berserakan dan mengganggu keindahan pantai. Demikian menurut mereka dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com.

Langkitang (S. Testudinarial) merupakan sejenis keong yang berasal dari famili Pachychilidiae. Langkitang mempunyai daging dengan cita rasa yang lezat danmengandung lemak, protein, kalsium,garam, serta fosfor yang baik untuk tubuh.

Cangkang langkitang dapat digunakan untuk membuat pasta gigi. Pasta gigi ini  mengandung kalsium yang cukup tinggi sehingga mampu membuat gigi jadi lebih kuat. Kandungan dari sari jeruk nipis juga mampu membersihkan gigi dari kuman.

Dengan memanfaatkan cangkang langkitang, kata mereka, maka salah satu masalah limbah di tepi pantai dapat teratasi, selain itu ekonomi masyarakat pesisir juga dapat terbantu.

Berikut cara membuat pasta gigi berbahan dasar cangkang langkitang berdasarkan inovasi dari tiga siswa tersebut
Sterilkan cangkang langkitang dengan oven dengan suhu 180°C. Setelah itu, ambil 1 gramkaraginan* rumput yang telah bersih dan direndam air selama 4 jam, lalu dihaluskan dengan blender.
Haluskan menggunakan mortar sampai berbentuk serbuk dan tidak ada lagi serpihan hitam.Campurkan cangkang langkitang yang telah dihaluskan dengan beberapa bahan alami lainnya, yaitu: rumput laut,lemon, daun pandan dan air tebu.

Untuk penambahan warna dan rasa:
Masukkan 20 helai daun pandan yang telah diekstrak dan 50ml air tebu yang juga telah diekstrak.
Semua bahan diaduk dan dicampur menjadi satu. Pasta gigi cangkang langkitang memiliki rasa
pandan dan segar di mulut.
Karena pasta gigi ini bersifat alami, maka hanya dapat bertahan selama kurang lebih satu minggu.
Kamu dapat menambahkan bahan pengawet sodium benzoat dengan takaran yang tepat untuk
menambah masa pakainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini