Menteri BUMN Akan Luncurkan Kartu Tani di PG Tjoekir

Bisnis.com,29 Agt 2016, 16:52 WIB
Penulis: Peni Widarti
Antara

Bisnis.com, SURABAYA - Menteri BUMN Rini Soemarno dijadwalkan akan memimpin peluncuran Kartu Tani untuk petani tebu di Pabrik Gula (PG) Tjoekir, Kabupaten Jombang, pada Selasa (30/8/2016).

Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X (PTPN X) Subiyono mengatakan program Kartu Tani ini merupakan hasil sinergi BUMN untuk membangun sistem pelayanan kepada petani sekaligus menjadi basis data sektor pertanian.

"Kartu Tani ini melibatkan PTPN X dan bank-bank BUMN, seperti BRI, Bank Mandiri, dan BNI. Semua data terekam dan masuk ke sistem perbankan,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Senin (29/8/2016).

Adapun Kartu Tani merupakan basis data yang menunjukkan profil petani secara lengkap, mulai dari luas dan lokasi lahan, jadwal panen, penjatahan pupuk, hingga akses pembiayaan perbankan.

Untuk petani tebu, datanya dilengkapi dengan rincian transaksi pabrik gula, termasuk jumlah rendemen (kadar gula dalam tebu) dan jumlah produksi gula.

Subiyono mengatakan, Kartu Tani diharapkan membuat petani bisa mendapat banyak kemudahan, sehingga para petani semakin termotivasi dalam membudidayakan tebu.

"Jika petani termotivasi maka jaminan pasokan tebu ke pabrik gula bisa terjaga dengan baik karena pabrik gula dan petani ini adalah dua entitas yang saling membutuhkan," imbuhnya.

Dalam peluncuran Kartu Tani itu, akan ada 904 petani di lingkungan PG Tjoekir milik PTPN X yang akan menerima Kartu Tani tersebut. Secara bertahap, para petani dari lingkungan pabrik gula lainnya juga akan menerima Kartu Tani.

"Selain peluncuran Kartu Tani, di Jombang nanti juga akan digelar pengobatan kesehatan gratis, pasar murah sembako, pameran sarana produksi pertanian, dan pendidikan kewirausahaan untuk guru/pengasuh ponpes," imbuh Subiyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam Agus
Terkini