BKE Sediakan Aplikasi Keuangan untuk Nasabah Koperasi

Bisnis.com,16 Sep 2016, 01:30 WIB
Penulis: Abdul Rahman
Bank Kesejahteraan Ekonomi. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE) menggandeng PT Telkom Indonesia Tbk. dalam penyediaan aplikasi berbasis teknologi untuk nasabah koperasinya.

Direktur Utama BKE Sasmaya Tuhuleley mengatakan aplikasi yang diberi nama e-kop BKE ini akan memudahkan koperasi dalam pelaporan keuangan.

"Selama ini kan masih banyak koperasi yang laporan keuangannya sesuai standar akuntansi. Dengan ini jadi lebih rapi dan memudahkan kami juga untuk memantau mereka," katanya usai launching aplikasi di Jakarta, Kamis (15/9/2016).

Sebelum peluncuran, sudah ada sembilan koperasi yang dijadikan pilot project. Sampai akhir tahun Bank BKE menargetkan sebanyak 300 koperasi sudah full online.

Sedangkan hingga tiga tahun ke depan, Bank BKE menargetkan ada 1.500 koperasi yang full online dari total 12.000 nasabah koperasinya.

Kerja sama ini juga sebagai upaya perseroan untuk mencari pendapatan nonbunga alias fee based income. Bank BKE akan menjadikan koperasi sebagai outlet layanan pembayaran publik atau yang dikenal sebagai payment point online banking (PPOB).

Menurutnya Sasmaya, kerja sama seperti ini diperlukan sebagai bagian dari adaptasi terhadap perkembangan teknologi. Apalagi belakangan ini banyak fintech yang berdiri dan berpotensi menjadi pesaing bank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fatkhul Maskur
Terkini