Sinyal 4G Indosat akan Terpancar ke Penajam dan Tana Grogot di 2017

Bisnis.com,29 Sep 2016, 22:30 WIB
Penulis: Nadya Kurnia
Ilustrasi/Bisnis-Yayus Yuswoprihanto

Bisnis.com, BALIKPAPAN - PT Indosat Tbk berencana menghadirkan layanan 4G Long Term Evolution di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Tana Grogot pada tahun depan, sebelumnya layanan 4G baru tersedia di Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda, dan Pontianak.

Head of Sales Indosat Kalimantan Dodi Kusuna mengatakan dengan masifnya penetrasi handset 4G di daerah, pihaknya akan terus memperluas penyediaan jaringan 4G pada daerah-daerah yang dianggap telah memiliki infrastruktur pendukung yang mumpuni.

"Di Penajam dan Tana Grogot sudah ada fiber optic. Pokoknya selama di satu daerah ada fiber optic, 4G bisa masuk, karena kalau pakai jaringan kabel biasa ya rasanya 3G nanti. Yang sulit itu kalau di daerah itu pun belum dipasangi jaringan fiber optic," jelas Dodi, Kamis (29/9/2016).

Karena penyediaan layanan 4G bergantung pada jaringan fiber optic, maka kondisi infrastruktur menjadi tantangan utama penyediaan dan kestabilan layanan. Dia mengatakan hingga saat ini hampir setiap minggu pihaknya menerima laporan kabel fiber optic yang terputus akibat aktifitas penggalian.

Lebih jauh, Dodi mengatakan saat ini Kota Balikpapan memiliki sekitar 80 BTS yang melayani jaringan 4G LTE. Sementara jumlah pelanggan 4G LTE di empat kota besar di Kalimantan mencapai sekitar 300.000 pelanggan.

"Jumlah itu termasuk besar dan pertumbuhannya cukup pesat. Karena rata-rata masyarakat sudah menyadari keberaraan jaringan 4G."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Yoseph Pencawan
Terkini