BURSA EROPA: Sektor Energi Reli, Indeks Stoxx Europe Ditutup Menguat

Bisnis.com,11 Okt 2016, 05:13 WIB
Penulis: Aprianto Cahyo Nugroho
Bursa Eropa ditutup menguat./.

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa ditutup menguat untuk pertama kalinya dalam empat hari menyusul lonjakan minyak mentah yang mendorong sektor energi.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,69% atau 2,34 poin ke posisi 341,86, setelah dibuka di zona merah dengan pelemahan 0,13% di posisi 339,21.

Harga minyak mentah melonjak ke level tertinggi satu tahun setelah Arab Saudi menyatakan optimisme bahwa OPEC melakukan pengaturan produksi dengan produsen lain dan Rusia mengatakan akan mendukung kesepakatan tersebut.

Data ekonomi yang optimistis juga membantu penguatasn saham pada perdagangan kemarin; produksi industri Italia secara tak terduga meningkat pada Agustus, sedangkan output industri Jerman dan Perancis pekan lalu juga berada di atas perkiraan.

"Komentar Rusia untuk mendukung kesepakatan OPEC menciptakan sentimen positif," kata Samy Chaar, kepala ekonom Lombard Odier, seperti dikutip Bloomberg.

"Saham otomotif meningkat lain karena minat investor naik berkat data ekonomi yang lebih baik," lanjutnya.

Saham Total SA dan Royal Dutch Shell Plc memimpin kenaikan saham sektor energi, sementara Rio Tinto Group dan BHP Billiton Ltd mendorong sektor komoditas. Daimler AG, Volkswagen AG dan BMW AG juga menguat di antara sektor otomotif.

Investor juga menunggu musim laporan keuangan untuk indikasi kesehatan perusahaan-perusahaan di Eropa. Rata-rata perkiraan analis yang dikumpulkan oleh Bloomberg memperkirakan kontraksi laba tahunan sebesar 4,2% pada emiten indeks Stoxx.

Sementara itu, Deutsche Bank AG menguat 3,4% setelah Menteri Keuangan Austria Hans Joerg Schelling optimis bank Jerman ini dapat menyelesaikan masalah dengan Amerika Serikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Linda Teti Silitonga
Terkini