BURSA EROPA 17 OKTOBER: Kekhawatiran Ekonomi Global Meningkat, Stoxx Melemah

Bisnis.com,17 Okt 2016, 15:04 WIB
Penulis: Aprianto Cahyo Nugroho
Bursa Eropa. /Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa melemah pada awal perdagangan hari ini, Senin (17/10/2016) di tengah spekulasi kebijakan bank sentral karena kekhawatiran mengenai ekonomi global muncul kembali.

Indeks Stoxx Europe 600 melemah 0,45% atau 1,54 poin ke posisi 338,41 pada pukul 14.29 WIB setelah dibuka di zona merah dengan pelemahan 0,11% atau 0,38 poin di 339,57.

Sektor energi memimpin penurunan Indeks Stoxx menyusul pelemahan harga minyak mentah mendekati US$50 per barel.

Seperti dikutip Bloomberg, kekhawatiran mengenai pemulihan global, serta spekulasi tentang kebijakan Bank Sentral Eropa dan Federal Reserve telah menyeret indeks Stoxx turun lebih dari 3% dari level tertinggi sejak September.

Perusahaan siklis, yang mendorong kenaikan indeks dari level terendah sejak Juni, saat ini diperdagangkan mendekati valuasi tertinggi dalam dua tahun terakhir terhadap saham-saham defensif.

Di antara saham yang bergerak, Banco Popolare SC menguat 3,5% sedangkan Banca Popolare di Milano Scarl menguat tipis setelah pemegang saham menyetujui merger kedua perusahaan. Sementara itu, Pearson Plc melemah 4,9% karena perusahaan pendidikan terbesar di dunia ini melaporkan penurunan penjualan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Gita Arwana Cakti
Terkini