Mandiri Balikpapan Layani Tagihan PDAM lewat E-Banking

Bisnis.com,01 Nov 2016, 19:57 WIB
Penulis: Nadya Kurnia
Logo Bank Mandiri/Reuters-Beawiharta

Kabar24.com, BALIKPAPAN--PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Area Balikpapan menyediakan layanan transaksi pembayaran tagihan dengan e-banking untuk pertama kalinya bagi PDAM Tirta Manggar Balikpapan.

Sebelumnya, kerja sama antara PDAM dengan perbankan atau instansi penyedia jasa layanan keuangan lainnya baru berupa pembayaran melalui Automatic Teller Machine (ATM).

Berniat meningkatkan kemudahan pembayaran, PDAM menggandeng Bank Mandiri untuk memulai pembayaran lewat e-banking.

"Selain dengan Mandiri, kami sudah kerja sama dengan bank-bank lain seperti BNI, BRI, BTN, dan lain-lain. Namun pembayaran melalui e-banking ini pertama kali disediakan oleh Mandiri, jadi pioneernya. Mudah-mudahkan bisa diikuti bank lain," jelas Direktur Utama PDAM Tirta Manggar Chaidir Effendi, Selasa (1/11/2016).

Dia mengaku sempat menerima keluhan dari pelanggannya yang juga nasabah dari bank pelat merah itu, bahwa fitur pembayaran PDAM pada aplikasi e-banking belum dapat digunakan.

Atas dasar permintaan dan keluhan pelanggannya, PDAM dan Bank Mandiri mempercepat penyediaan pembayaran melalui e-banking.

Chaidir mengatakan kerja sama dengan perbankan dalam hal penyediaan layanan transaksi pembayaran terbukti meningkatkan efektifitas dan kepatuhan pelanggan dalam membayar. Setelah PDAM mulai bekerja sama dengan perbankan, tingkat kepatuhan meningkat menjadi 95%.

Sebelum memulai kerja sama dengan perbankan, tingkat kepatuhan membayar tak pernah mencapai level 95%.

Dengan alasan jarak yang jauh, lanjut Chaidir, pelanggannya justru lebih memilih menunggak dan dikenai denda agar bisa membayar tagihan selama tiga bulan sekaligus.

"Selain itu, kerja sama seperti ini meningkatkan efisiensi dan efektifitas bagi kami. Dulu kan pembayaran masih harus disetor tunai di payment point. Kami harus investasi untuk pengadaan kertas, peralatan, dan sumber daya manusia. Sekarang sudah ada perbankan yang bisa menyediakan sistemnya," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam Agus
Terkini