Pengembangan Sapi Bali di Nusa Penida Terkendala Air & Pakan

Bisnis.com,03 Nov 2016, 17:22 WIB
Penulis: Feri Kristianto
Sapi Bali/blog.act.id

Bisnis.com, DENPASAR---Dinas Peternakan Bali menyatakan pengembangan sapi bali di Pulau Nusa Penida terkendala terbatasnya sumber daya air sehingga tidak bisa mendorong pembiakan secara cepat.

Kadis Peternakan Bali Putu Sumantra memaparkan kondisi tersebut sangat disayangkan karena pulau di Kabupaten Klungkung itu sudah didesain sebagai sentra pengembangan sapi bali.

"Jadi sapi bali di Nusa Penida ada spesifikasi karena sapi disana bebas penyakit. Kami sedang declare sapi bali disana bebas penyakit surat edaran," tuturnya, Kamis (3/11/2016).

Menurutnya, jika ketersediaan air cukup bagi pengembangan ternak di Nusa Penida, maka ‎dapat berpotensi menjadi sentra penghasil sapi bali murni. Bahkan, lanjutnya, ketersediaan air dan pakan dapat membantu meningkatkan jumlah populasi sapi bali.

Selain masalah air, Sumantra mengusulkan perlunya konsep pertanian yang baik di Nusa Penida agar dapat mendukung pasokan pangan bagi ternak. Selama ini, ketersediaan pakan sama sulitnya seperti air sehingga banyak masyarakat enggan memelihara ternak.

Padahal, jelasnya, dari segi geografis, Nusa Penida bebas dari segala macam penyakit ternak karena lokasinya terpisah dari daratan Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam Agus
Terkini