Dongkrak Kesejahteraan, Pemprov Sultra Ingin Koperasi Gandeng BUMDes

Bisnis.com,14 Nov 2016, 03:31 WIB
Penulis: Newswire
Usaha kerajinan kayu di sebuah desa/Ilustrasi

Bisnis.com, KENDARI - Pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengharapkan koperasi yang ada di daerah itu membangun kerja sama dengan badan usaha milik desa atau (BUMDes).

"Kita berharap badan usaha milik desa atau BUMDes bisa bekerja sama dengan koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat, terutama di daerah pedesaan," kata kepala Dinas Koperasi dam UMKM Sultra, Laode Andi Pili, Minggu (13/11/2016).

Dia mengatakan setiap desa saat ini ada BUMDes sehingga bisa sejalan dengan program satu desa minimal satu koperasi. "Kedua lembaga ini bisa berainergi mengembangkan usaha atau produk unggulan dimasing-masing desa," katanya.

Menurutnya, perkembangan koperasi daerah sangat dipengaruhi oleh banyak atau tidaknya keberpihakan pemerintah terhadap berjalannya koperasi tersebut.

"Dalam hal ini BUMDes bisa menjadi mitra utama koperasi. Apakah nanti BUMDes-nya mengembangkan koperasi atau koperasinya juga nanti menjadi stakeholder," katanya.

Dia yakin keterpaduan koperasi dan BUMDes akan menggerakkan perekonomian di desa tersebut dan akan memaksimalkan pengembangan komoditi unggulan desa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Yusuf Waluyo Jati
Terkini