Jadi Basecamp Pengamanan Demo, Monas Tetap Terbuka untuk Umum

Bisnis.com,18 Nov 2016, 00:19 WIB
Penulis: Puput Ady Sukarno
Demo kasus dugaan penistaan agama di Jakarta pada 4 November 2016./Antara-Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya telah melakukan persiapan pengamanan kawasan ring 1, meskipun belum bisa dipastikan bakal ada aksi unjuk rasa pada 25 November mendatang sebagai lanjutan aksi 4 November 2016.

Sejumlah armada, seperti misalnya mobil pengamanan dan tenda logistik sudah disiagakan di dalam Kawasan Monumen Nasional (Monas), di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, yang memang letaknya tak jauh dari kawasan Istana Negara tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono menegaskan Polda Metro Jaya hanya menitipkan perlengkapan pengamanan di Monas.

Hal itu, lanjut Soni, agar saat demo 25 November jadi dilaksanakan, semua perlengkapan sudah siaga dan dapat digunakan untuk pengamanan demo yang akan berpusat di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara itu.

"Sekarang hanya titip peralatan. Ada mobil dan tenda dapur. Kita cari tempat yang aman dan nyaman, supaya mobilitasnya enak. Sudah mulai masuk dari sekarang. Khusunya dibagian barat dekat Istana," kata Soni pada Kamis (17/11/2016).

Menurutnya, penitipan perlengkapan milik kepolisian tidak akan mengganggu aktivitas atau kegiatan Monas, sebagai lokasi wisata warga Jakarta. Monas tetap dibuka untuk umum dan seluruh kegiatannya berjalan seperti hari-hari biasanya. “Wisata di Monas tetap bisa berjalan. Kegiatan Monas tidak akan berhenti karena ada polisi di sana."

Pihaknya meminta masyarakat tenang dan santai saja melihat hal tersebut dan tetap bisa berwisata di kawasan Monas seperti biasa. "Jadi jangan dilihat sebagai sesuatu yang seram. Yang penting jalan terus aktivitasnya sampai ada perintah untuk ditutup. Wilayah ini tetap bisa buat rekrasi warga."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: M. Syahran W. Lubis
Terkini