Malaysia Ingin Keluar dari Kompetisi AFF Suzuki Cup, Ini Alasannya

Bisnis.com,23 Nov 2016, 17:46 WIB
Penulis: Lingga Sukatma Wiangga
Malaysia juara Piala AFF U-16 2013/Aseanfootball.org

Kabar24.com, KUALA LUMPUR—Malaysia sedang mempertimbangkan untuk menarik diri dari ajang kompetisi sepak bola se-Asia Tenggara, AFF Suzuki Cup. Hal itu dilakukan sebagai bentuk protes atas tindakan keras Myanmar terhadap kaum Muslim etnis Rohingya.

"Saya mengangkat masalah ini dalam Kabinet pekan lalu.  Dan akan melakukannya lagi minggu ini hingga ada keputusan," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Khairy Jamaluddin dalam akun media sosialnya, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (23/11).

Konflik di negara bagian Rakhine, Myanmar, telah membuat ratusan Muslim Rohingya melarikan diri ke Bangladesh dan menimbulkan tantangan serius bagi peraih hadiah Nobel perdamaian, yang juga tokoh politik Myanmar, Aung San Suu Kyi, yang meraih kekuasaan tahun lalu melalui janji-janji rekonsiliasi nasional.

Meningkatnya kekerasan terhadap etnis Rohingya yang beragama Islam dilaporkan telah menewaskan sedikitnya 86 orang dan membuat sekitar 30.000 orang lainnya terlantar.

Tentara Myanmar juga telah dituduh melakukan penyerangan seksual terhadap puluhan perempuan dari kaum minoritas yang teraniaya tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam Agus
Terkini