KKP Kukuhkan Lagi 3 Profesor Riset

Bisnis.com,23 Nov 2016, 04:07 WIB
Penulis: Sri Mas Sari
Kementerian Kelautan dan Perikanan/Ilustrasi-Antara
Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali mengukuhkan tiga profesor riset dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan (Balitbang KP). Pengukuhan ini merupakan wujud dukungan KKP dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kelautan dan perikanan. 
 
Ketiganya adalah Prof. Ris. Dr. Ir. Agus Heri Purnomo, M. Sc., Prof. Ris. Dr. Ir. Agus Djoko Utomo, M.Si., dan Prof. Ris. Dr. Dr. Ir. Ekowati Chasanah, MSc.

Dalam sambutan pada acara pengukuhan, Selasa (22/11/2016), Kepala Balitbang KKP Zulficar Mochtar berharap riset mereka tentang ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan, riset perikanan tangkap, serta riset pengolahan hasil perikanan, dapat mengembangkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa datang.

“Saya harap riset-riset ini dapat mendukung program konservasi sumber daya ikan, industrialisasi perikanan, dan banyak aspek terkait pengelolaan perikanan dan kelautan, sehingga dapat mempercepat tercapainya visi dan misi pemerintah,” katanya.

Zulficar juga berharap pengukuhan profesor ini dapat memotivasi semua pejabat fungsional peneliti agar lebih produktif. “Semoga karya-karya nyata dapat lebih banyak dihasilkan demi manfaat untuk bangsa dan negara,” ungkapnya.

Dia menyampaikan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan bagian integral dari seluruh pelayanan pada masyarakat. Dengan iptek, kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat tercapai.

"Hasil penelitian harus menjadi landasan utama penerbitan setiap kebijakan sehingga secara filosofis rasa keadilan maupun secara sosiologis dapat diterima oleh masyarakat karena bermanfaat bagi mereka."

Profesor riset adalah sebuah pencapaian puncak karir fungsional seorang peneliti. Dari 537 peneliti Balitbang KKP, hanya 62 orang yang mencapai peneliti utama dan hanya 15 orang profesor riset yang masih aktif serta 8 orang profesor riset yang sudah pensiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini