Wayang Untuk Pelajar

Bisnis.com,28 Nov 2016, 09:11 WIB
Penulis: Mia Chitra Dinisari
Direktur BCA Suwignyo Budiman (ketiga kiri) bersama General Manager CSR BCA Inge Setiawati (kedua kanan) dan Kepala Museum Nasional Intan Mardiana (kedua kiri) memperkenalkan tokoh perwayangan di sela pagelaran Wayang for Student di Museum Nasional, Jakarta (24/11). Melalui acara ini, BCA mengajak 600 siswa-siswi dari 6 SMP dan 6 SMU wilayah Jakarta dan sekitarnya untuk mengenal wayang lebih dalam melalui penyelenggaraan pagelaran dan kompetisi Vlog/dokumentasi

Bisnis.com, JAKARTA- PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengadakan pagelaran “Wayang for Student”. Acara yang mengangkat tema Wayang In The Citydiadakan di Museum Nasionaldan dihadiri oleh Direktur PT Bank Central Asia (BCA) Tbk Suwignyo Budiman, General Manager Corporate Social Responsibility BCA Inge Setiawati, Ketua Unima T. A Samodra Sriwidjaja serta Kepala Museum Nasional Intan Mardiana. Melalui kegiatan ini, BCA mengajak 600 siswa-siswi dari 6SMP dan 6 SMU wilayah Jakarta dan sekitarnya untuk mengenal wayang lebih dalam melalui sejumlah pergelaran, dan kompetisi Vlog.

 
“BCA terus membuktikan komitmen untuk melestarikan wayang sebagai kebudayaan Indonesia yang sarat akan nilai moral. Kami menyadari pelajar merupakan generasi muda yang akan meneruskan keberadaan wayang sebagai kekayaan budaya Indonesia. Hal inilah yang mendorong kami untuk menghadirkan kegiatan-kegiatan wayang di tengah generasi muda, seperti Wayang for Student hari ini,” ungkap Suwignyo.
 
Wayang for Studentmerupakan bagian dari rangkaian kegiatan Bakti BCA bidang budaya, yang berada di bawah payung program “BCA untuk Wayang Indonesia”. Acara ini diselenggarakan untuk mengedukasi sekaligus memperkenalkan wayang sebagai salah satu budaya Indonesia yang diakui oleh UNESCO kepada generasi muda Indonesia. Dalam kegiatan ini, BCA menghadirkan berbagai jenis pertunjukan wayang antara lain Pentas Wayang Golek oleh Adi Konthea dari Sunda dan Wayang Listrik dengan dalang I Made Sidia dari Bali.
 
Peran aktif siswa juga dibuktikan dengan keikutsertaan dalam kompetisi vlog, di mana para siswa membuat Vlog berdurasi 1 menit dengan tema wayang Indonesia. Beragam kegiatan yang berhubungan dengan wayang ini kami kemas secara menarik karena kami ingin mengajak pelajar untuk tidak hanya menyaksikan pergelaran, namun turut berpartisipasi dalam mengenal tokoh wayang melalui kompetisi vlog,” lanjut Suwignyo.
 
Wayang for Student” merupakan kesinambungan upaya-upaya BCA dalam memperkenalkan wayang kepada generasi muda. Sebelumnya, BCA telah melaksanakan Wayang for Studentselama 5 hari, yakni 16 – 17 dan 22 - 24 September 2016di Semarang dan mengajak sekitar 3.000 siswa siswi SMP dan SMU. Tahun 2015, BCA mengadakan Wayang in Town - Journey in A Thousand Years”di Galeri Indonesia Kaya. Enam ratus (600) pelajar yang hadir berasal dari 20 sekolah tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Umum (SMU) di Jakarta dan Tangerang. Di tahun yang sama, BCA juga mengadakan FUN-tastic Wayang at School di SMP Pangudi Luhur Domenico Savio, SMP Negeri 18 Semarang, SMP Kanisius St. Yorisdan menjangkau 1.550 siswa. BCA juga pernah mengadakan kegiatan sejenis kepada pelajar SD sampai SMA di Ubud, Bali, pada tanggal 15-17 April 2014.
 
“Kami melihat, saat ini keterlibatan generasi muda dalam budaya wayang dan frekuensi pergelaran wayang masih minim sehingga membuat wayang kurang berdaya dalam merebut ruang dan perhatian anak-anak muda Indonesia. BCA berupaya untuk menghadirkan aktivitas-aktivitas yang mendekatkan wayang dengan masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda. Kehadiran Wayang for Studentdiharapkan dapat terus mendorong generasi muda Indonesia untuk lebih mengenal, mencintai, dan tergerak untuk melestarikan budaya bangsa yang telah diakui dunia ini,” tutup Suwignyo.
 
Wayang for Studentmerupakan bagian dari rangkaian kegiatan Bakti BCA yang diselenggarakan untuk mengedukasi sekaligus memperkenalkan wayang sebagai salah satu budaya Indonesia yang diakui oleh UNESCO kepada generasi muda Indonesia.Sebelumnya, BCA pernah mengadakan pagelaran serupapada tanggal16 – 17 dan 22 - 24 September 2016di Semarang dan mengajak sekitar 3.000 siswa siswi SMP dan SMU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini