Menhub Targetkan LRT Bandung Dimulai Tahun Depan

Bisnis.com,28 Nov 2016, 06:55 WIB
Penulis: Ringkang Gumiwang
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Perhubungan menargetkan pembangunan kereta api ringan atau biasa disebut dengan Light Rail Transit (LRT) di Bandung akan mulai dibangun pada 2017 mendatang.

“Pembangunan metro kapsul [LRT] yang merupakan karya anak bangsa ini akan kita mulai bangun tahun depan dengan suatu bentuk feeder sepanjang tiga kilometer”, kata Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan, dalam siaran pers, Minggu (27/11).

Dia menambahkan metro kapsul nantinya akan dibangun dengan menggunakan kombinasi pembiayaan yang berasal dari APBN, APBD dan swasta. Adapun, pembangunan metro kapsul ditargetkan rampung pada 2018.

Beberapa keunggulan metro kapsul antara lain hemat biaya, proses pembangunannya tidak mengganggu lalu lintas karena dibangun secara elevated, bebas polusi/bahan bakar, masa konstruksinya cepat, dan menggunakan komponen dalam negeri mencapai 95%.

Nantinya metro kapsul akan melintasi pusat-pusat keramaian mulai dari Stasiun Bandung, alun-alun kota Bandung, dan beberapa titik di pusat kota yang saat ini dikunjungi enam juta wisatawan per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini