TRAGEDI CHAPECOENSE: 4 hal yang Perlu Anda Ketahui

Bisnis.com,30 Nov 2016, 10:50 WIB
Penulis: Newswire
Pesawat Avro RJ85, British Aerospace 146, jatuh di Kolombia, menewaskan 71 orang, termasuk tim sepak bola klub Brasil, Chapecoense. /Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Sebuah pesawat terbang carteran yang mengangkut 77 orang, termasuk skuad klub sepak bola divisi utama Brasil, Chapecoense, jatuh di sebuah pegunungan di Kolombia.

Berikut empat hal yang Anda perlu ketahui dari salah satu kecelakaan pesawat terparah dalam beberapa tahun terakhir di mana hanya enam orang yang selamat dari tragedi ini, seperti ditulis BBC.

BAGAIMANA KEJADIANNYA?

Sebuah pesawat carteran terbang dari Brasil ke Kolombia via Bolivia kehilangan kontak dengan menara pengawas udara di daratan Senin tengah malam waktu setempat (Selasa pagi WIB kemarin) setelah pilot pesawat ini melaporkan ada gangguan listrik atau elektronik.

Sekitar pukul 22:15 waktu setempat atau Selasa 10.15 WIB kemarin, saat akan mendekati kota Medellin di Kolombia untuk mendarat, pesawat jatuh di Cerro Gordo di kotamadya La Union.

Sejumlah laporan menyebutkan bahwa pesawat ini kehilangan daya karena kurang bahan bakar.

Cuaca buruk menghalangi upaya penyelamatan, padahal situs jatuh pesawat dekat dari jalan umum.

Badan manajemen bencana Kolombia mengatakan 71 orang tewas. Tadinya disebut 75 orang, tetapi kemudian diketahui empat orang yang tercantum dalam manifes pesawat tidak jadi terbang.

SIAPA SAJA PENUMPANGNYA?

Pesawat khusus perjalanan jarak pendek British Aerospace 146 yang dioperasikan oleh maskapai pesawat carteran Bolivia, Lamia, ini mengangkut 77 orang.
Chapecoense tadinya akan bermain pada final Copa Sudamericana, melawan klub asal Medellin, Atletico Nacional.

Paling sedikit tiga orang yang selamat adalah dua bek Chapecoense, --Alan Ruschel dan Helio Zemper, serta kiper cadangan Jakson Follman. Mereka cedera namun dengan tingkat kecederaan berbeda-beda.

Kiper utama klub ini, Marcos Padilha alias Danilo, tadinya berhasil ditarik hidup-hidup dari bangkai pesawat namun kemudian meninggal dunia.

Dinas penerbangan Kolombia mengatakan ada 21 wartawan dalam pesawat naas ini, enam di antaranya adalah wartawan Fox Sports Brasil dan jaringan televisi terkenal Brasil, Globo.

SIAPA ITU CHAPECOENSE?

Chapecoense adalah tim kecil dari Chapeco, sebuah kota di bagian selatan Brasil yang terkenal dengan pengemasan dagingnya dan klub relatif liliput dibandingkan dengan klub-klub besar yang bertanding pada Copa Sudamericana, Liga Europa-nya Amerika Selatan.

Tim yang didirikan pada 1973 itu telah tampil sangat mengesankan tahun ini dengan berada pada papan tengah liga utama Brasil.

Chapecoense promosi ke liga utama Brasil, Serie A, untuk pertama kalinya dalam sejarah klub ini pada 2014.

Ini pencapaian luar biasa bagi klub kecil yang menjadi salah satu klub dengan anggaran sangat terbatas di divisi utama Brasil. Tak ada pemain bintang dalam klub ini.
Pekan lalu mereka bersuka cita setelah mengalahkan klub Atletico San Lorenzo de Almagro, tim yang jauh lebih kesohor yang salah satu pendukungnya adalah Paus Fransiskus.

APA JENIS PESAWAT YANG JATUH INI?

Pesawat buatan Inggris yang dioperasikan maskapai Lamia itu adalah pesawat jarak pendek Avro RJ85 atau British Aerospace 146 yang acap digunakan maskapai-maskapai untuk bandara-bandara di kota-kota kecil.

Saat-saat sebelum jatuh, gangguan listrik terekam oleh menara pengawas di bandara Medellin. Ini bukan kecelakaan pertama yang menimpa pesawat British Aerospace 146:

Pada 1991, sebuah pesawat carteran serupa milik LAN Chile, tergelincir sewaktu mendarat di Bandara Puerto Williams, Chile. 20 dari 73 orang yang diangkutnya tewas.

Pada 2006, pesawat serupa yang dioperasikan Atlantic Airways juga gagal mendarat mulus di Bandara Stord, Norwegia. Empat orang tewas akibat kecelakaan yang didahului masalah pada sistem rem pesawat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fatkhul Maskur
Terkini