Pesawat Polri Hilang di Perairan Kepri, TNI Terjunkan Kapal

Bisnis.com,04 Des 2016, 02:21 WIB
Penulis: Newswire
Anggota TNI AL membantu pencarian korban pesawat milik Polri yang jatuh di Perairan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, Sabtu (3/12/2016). Pesawat jenis C-28 Sky Truck yang membawa 15 penumpang serta awak kabin jatuh di Perairan Kabupaten Lingga./ANTARA

Kabar24.com, JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) ikut menurunkan kapal untuk mencari pesawat Polri yang hilang di perairan Kepulauan Riau, Sabtu (3/12/2016).

Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV/Tanjungpinang mengerahkan KRI Tenggiri dan KRI Siada untuk membantu mengevakuasi 15 korban pesawat jenis M-28 Sky Truck itu.

"Dua kapal Patroli Keamanan Laut dan dua kapal perang dikerahkan untuk membantu mengevakuasi para korban," ujar Kepala Dinas Penerangan Lantamal IV/Tanjungpinang Mayor Josdy Damoopoli, saat dikonfirmasi, Sabtu.

Hingga saat ini Lantamal IV masih kesulitan mencari lokasi pesawat jatuh itu. Empat kapal milik TNI AL berlayar sejak pukul 14.00 WIB. Pergerakan seluruh kapal TNI AL menuju Pulau Kentar menggunakan "sistem gergaji", karena informasi yang diperoleh belum akurat. "Jadi tidak bergerak lurus sampai mendapat koordinat yang tepat, tempat kejadian peristiwa itu," ujar Josdy.

Sementara itu, Gugus Keamanan Laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Guskamlabar) dan dua Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) dari Lanal Dabo Singkep juga diturunkan oleh TNI Angakatan Laut.

Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta mengatakan kedua KRI dan dua Kapal Patkamla tersebut langsung menuju lokasi perkiraan tempat jatuhnya pesawat Polri untuk melakukan pencarian.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Komisaris Besar Rikwanto sebelumnya mengatakan anggota polisi yang berangkat adalah dalam rangka menggantikan petugas bantuan kendali operasi (BKO) di Direktorat Polisi Udara di Polda Kepulauan Riau.

Kontak terakhir dengan pesawat, kata Rikwanto, terjadi di wilayah laut Kabupaten Lingga. Wilayah itu diketahui berada di kontrol udara Singapura. Koordinasi juga telah dilakukan dengan sejumlah lembaga terkait, seperti Badan SAR Nasional, juga Polres Jajaran Kepulauan Riau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Yusuf Waluyo Jati
Terkini