Membangun Budaya Anti Korupsi Lewat Teater Musikal

Bisnis.com,05 Des 2016, 13:57 WIB
Penulis: Ramdha Mawaddha
Gedung KPK./JIBI-Abdullah Azzam

Kabar24.com, JAKARTA— Mengusung teater musikal yang berjudul Raksasa, KPK bersama Jendela Ide akan melakukan pementasan teater musikal.

Pertunjukan ini merupakan tidak lanjut dari Gerakan Pohon Harapan yang merupakan ide kreatif dari anak-anak remaja yang tergabung dalam Komunitas Jendela Ide.

Ide dan gagasan teater ini berawal dari syair lagu Suara Anak pada Festival Anti Korupsi 2015 yang melibatkan 30 anak yang menyebarkan sepuluh nilai integritas lewat lagu.

Terinspirasi dengan syair album tersebutlah, seorang seniman muda Gilang Anom dan Sally Anom mengembangkan syair tersbut menjadi skenario dengan judul Raksasa Bisikan Akar Putih dan Pohon Tak Bertepi.  

Teater musikal ini mencritakan perjuangan sekelompok murid yang ingin menghidupkan pohon harapan yang hancur akibat kekejaman, kejahatan, dan keserakahan seorang pemimpin.

Untuk melawan kejahatan sang pemimpin tersebut dibutuhkan sikap yang tercermin dalam sepuluh nilai integritas . Sikap inilah yang menjadi kunci utama yang ingin disampaikan dan akhirnya menggerakkan orang lain agar menanamkan sikap serupa.

“Sepuluh nilai integritas ini yang ingin kami sampaikan lewat pementasan teater Raksasa, hal ini tentu sejalan juga dengan nilai-nilai dari Jendela Ide sediri,” kata Marintan Sirait saat menghadiri Media Briefing di Artotel Thamrin, Senin (5/12).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam Agus
Terkini