Wisudawan UIN Jakarta Punya Prestasi Nonakademik Dapat Penghargaan Khusus

Bisnis.com,05 Des 2016, 20:58 WIB
Penulis: Nurudin Abdullah
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta/JIBI

Kabar24.com, TANGSEL- Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta melalui Bagian Kemahasiswaan dan Alumni perguruan tinggi itu akan memberikan penghargaan kepada wisudawan yang mempunyai prestasi nonakademik.

Bambang Prihono Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumin (BKA) UIN Jakarta, mengatakan ada 4 kategori bagi wisudawan yang akan mendapatkan piagam penghargaan nonakademi terseubt.

Adapun kategorinya yang pertama adalah prestasi di bidang kejuaraan, perlombaan, pertandingan, kompetisi tingkat nasional atau internasional, baik prestasi perorangan maupun keleompok.

Kedua adalah prestasi bidang karya kreatif, inovatif dan distinktif dalam berbagai bidang seperti seni, teknologi, karya tulis fiksi atau non-fiksi, baik perorangan atau kelompok, seperti pembuat aplikasi, penemuan, penulis buku yang sudah diterbitkan dan ber-ISBN, dan pencetak rekor.

Selanjutnya, kategori ketiga ialah prestasi di bidang partisipasi aktif seperti pembicara, pemakalah, presentator, mentor, komite, trainer, konsultan pada forum nasional atau internasional, baik perorangan atau kelompok.

“Terakhir, kategori prestasi bidang aksi sosial, kemanusiaan, lingkungan dan pendidikan tingkat nasional atau internasional, perorangan atau kelompok, seperti relawan bencana nasional,” katanya, Senin (5/12/2016)

Dia dalam situs resminya mengungkapkan diantara wisudawan ke-102 UIN Jakarta yang memperoleh penghargaan nonakademik adalah Tegus Tresna Dewa lulusan Fakultas Syariah dan Hukum sebagai Juara 1 Lomba Debat Konstitusi.

Kemudian Deny Gunawan Susandi lulusan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) penulis tiga buku, yaitu “Ospek Jilid 2” dan “Curhatku untuk Semesta” yang keduanya diterbitkan Diva Group Jogja serta buku “13 Menara Eiffel” (Self Publishing).

Masih di tingkat nasional, Ni’am Masykuri lulusan FAH sebagai Juara 1 Kaligrafi Naskah tingkat Provinsi DKI Jakarta 2015 dan Juara 3 Kaligrafi Naskah MTQ Nasional di Nusa Tenggara Barat pada tahun ini.

Sementara itu di tingkat internasional, Zaky Muntaz Ali lulusan FAH sebagai partisipator aktif Ihtifal Institut Pengajian Tinggi Asean dan Faisal Abdurrahman lulusan FAH sebagai Liaision Officer 3rd Islamic Conference of Labour Minister.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam Agus
Terkini