GEMPA ACEH, Pemerintah Tiongkok Beri Bantuan Dana Sebesar US$1,1 Juta

Bisnis.com,14 Des 2016, 09:23 WIB
Penulis: Riendy Astria
Warga bersepeda motor melaju di jalanan yang rusak akibat gempa 6,5 SR di Meuredu, Pidie Jaya, Aceh, Rabu (7/12/2016)./Antara-Irwansyah Putra

Kabar24.com, JAKARTA— Pemerintah Tiongkok memberikan bantuan dana dengan total sebesar US$1,1 juta kepada Pemerintah Indonesia untuk menanggulangi bencana gempa bumi dan rekonstruksi pasca gempa di Aceh.

Dalam keterangan resminya Rabu (14/12/2016), Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Xie Feng mengatakan bahwa pemerintah dan rakyat Tiongkok turut berduka cita atas terjadinya bencana gempa Aceh, Indonesia yang mengakibatkan korban jiwa dan kerugian lainnya.

Menurutnya, Presiden Tiongkok Xi Jinping telah mengirimkan ucapan belasungkawa secara langsung kepada Presiden Joko Widodo atas kejadian ini. Begitu juga dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok yang langsung mengucapkan belasungkawa kepada Menteri Luar Negeri Indonesia Retno L.P Marsudi.

Atas rasa simpati tersebut, pemerintah Tiongkok siap memberikan bantuan yang sesuai dengan kebutuhan penyelematan Indonesia. Tiongkok, melalui Palang Merah Tiongkok memutuskan untuk memberikan dana bantuan darurat sebesar US$100.000 kepada Palang Merah Indonesia untuk bantuan dan rekonstruksi pascabencana di wilayah terguncang gempa. Dana tersebut diberikan langsung oleh Duta Besar Xie Feng kepada PMI.

Selain memberikan bantuan kepada PMI, pemerintah dan rakyat Tiongkok juga memutuskan untuk memberikan dana bantuan sebesar US$1 juta kepada pemerintah Indonesia guna membantu rakyat di wilayah terguncang gempa, menanggulangi bencana dan melakukan rekonstruksi pascabencana.

Dia mengatakan bahwa persahabatan antara rakyat Tiongkok dan Indonesia terus terjaga dari generasi ke generasi, dan saling membantu satu sama lain. Sebelumnya, pemerintah Tiongkok juga membantu Indonesia mengatasi gempa bumi dan tsunami Aceh pada 2014. Salah satu bantuan tersebut dengan mengirimkan tim SAR International Tiongkok ke Aceh, membangun Kampung Persahabatan Tiongkok-Indonesia di Aceh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Gita Arwana Cakti
Terkini