Tingkatkan Layanan, Bentoel Internasional (RMBA) Lakukan Inovasi Lewat IT

Bisnis.com,23 Des 2016, 11:35 WIB
Penulis: Riendy Astria

Bisnis.com, JAKARTA— PT Bentoel Internasional Investama Tbk. (RMBA) melakukan transaksi afiliasi dengan British American Shared Services Limited (GSD) terkait dengan penyediaan layanan Target Operating Modul in One SAP (TaO).

Dalam keterbukaan informasi yang dipublikasikan Jumat (23/12/2016), perseroan mengumumkan melakukan kerjasama dengan British American Shared Services (GSD) Limited  terkait dengan kerja sama penyediaan layanan TaO melalui Perjanjian Layanan TaO (TaO Service Agreement).

Kemudian, perseroan juga menjalin kerjasama dengan BAT Aspac Service Centre Sdn Bhd (BASS) terkait dengan kerja sama pemberian jasa layanan keuangan bersama melalui Perjanjian Jasa Pusat Layanan Keuangan Bersama (Financial Shared Services Centre Services Agreement).

Perseroan merupakan bagian dari British American Tobacco Group (BAT Group), yang bergerak dalam bidang industri rokok. Adapun, pertumbuhan berkelanjutan dari inovasi bergantung pada kontinuitas dari penggunaan teknologi baru. Teknologi baru ini diharapkan mampu menarik lebih banyak konsumen dan membawa strategi pertumbuhan jangka panjang di pangsa pasar yang kompetitif.

Untuk mencapai hal tersebut, perseroan membutuhkan suatu sistem yang dapat terintegrasi dengan seluruh BAT Group, baik dalam hal keuangan, pemasaran dan operasi. Sistem ini dikenal dengan Target Operating Modul in One SAP (TaO).

Adapun, jasa yang diperoleh dari sistem TaO adalah merancang Global SAP template, membangun dan menguji Global SAP template, pengembangan, implementasi regional dan lokalisasi Global SAP template, dan pengembangan target baru model operasi untuk mengikutsertakan rancangan organisasi baru dan penyederhanaan proses bisnis.

TaO akan mengubah semua prosedur ini menjadi otomatis dan fokus pada proses, dengan elemen inti transaksional dieksekusi oleh GSD. Hal ini akan menyederhanakan apa yang akan dilakukan, mengurangi risiko serta percepatan pengambilan keputusan sehingga dapat membantu memberikan Perseroan keuntungan kompetitif yang nyata.

Dikarenakan sistem TaO cenderung berkarakter khusus, maka dalam menjalankan SAP tidak dapat dilakukan oleh pihak di luar BAT Group. Berdasarkan pertimbangan tersebut, pelaksana SAP dalam TaO adalah GSD yang merupakan tim yang dibentuk oleh BAT Group, di mana GSD merupakan pihak yang banyak terlibat dalam pengembangan sistem TaO dan berpengalaman dalam pengimplementasiannya.

GSD sebagai bagian dari BAT Group juga memiliki persamaan visi dan misi yang sama dengan Perseroan sehingga lebih fleksibel jika dibandingkan apabila Perseroan menunjuk pihak eksternal

Untuk mendukung sistem TaO ini, bagian keuangan perseroan perlu mengadakan kerja sama pemberian jasa layanan keuangan bersama melalui Perjanjian Jasa Pusat Layanan Keuangan Bersama (Financial Shared Services Centre Services Agreement) dengan BASS dan melakukan pengembangan sistem yang ada dengan menjadikan semua aktivitas dalam bagian keuangan menjadi otomatis.

Nilai transaksi dari Perjanjian Layanan TaO (TaO Service Agreement) terdiri dari 2 komponen, yaitu (i) biaya implementasi TaO yang dibayarkan dalam 4 tahun oleh perseroan ke GSD sebesar £6 Juta setahun atau £24 juta selama 4 tahun yang setara dengan Rp 424,37 miliar. Kemudian, biaya dalam menjalankan SAP dan biaya penggunaan yang dibebankan setiap tahun. Adapun biaya setahun sebesar £5,4 Juta yang setara dengan Rp95,48 Juta.

Sementara, nilai transaksi dari Perjanjian Jasa Pusat Layanan Keuangan Bersama (Financial Shared Services Centre Services Agreement) tersebut sebesar £0,84 Juta yang setara dengan Rp14,89 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Gita Arwana Cakti
Terkini