Vinyl Grup-grup Musik Rock Indonesia Era 70-an Paling Dicari

Bisnis.com,29 Des 2016, 17:16 WIB
Penulis: Dika Irawan
Piringan hitam/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Ridwan, pemilik toko jual beli piringan hitam d'jadul di Blok M Square, Jakarta Selatan, menuturkan vynil grup-grup musik rock Indonesia era 70-an paling banyak dicari.

Piringan-piringan hitam band-band rock lawas tersebut terbilang langka karena tidak banyak diproduksi pada masanya.

" Sekarang itu vinyl yang lagi susah dicari band-band rock Indonesia era 70-an seperti God Bless, AKA, SAS. Mungkin kalau Koes Ploes, Panbers masih mudah dijumpai. Tetapi untuk band-band rock jadul ini susah carinya," ujarnya, Kamis (29/12/2016).

Menurut Ridwan penyebab langkanya piringan hitam tersebut karena pada saat era 70-an, musik-musik bergenre rock tidak begitu diminati masyarakat Indonesia. Masyarakat lebih senang dengan band-band seperti Koes Ploes dan kawan-kawannya.

Sehingga, pada saat itu band-band rock jarang peminatnya. "Hasilnya, tidak banyak perusahaan yang memproduksi vinyl band-band rock tersebut. Saya pernah jual vinil God Bless album pertama Rp3 juta, meski kovernya rusak langsung dibeli kolektor."

Ridwan mengakui vynil-vynil kini semakin diburu terutama generasi muda. Mereka seakan penasaran dengan band-band Indonesia pada masa lalu. Di samping itu ada juga orang-orang yang ingin bernostalgia mengenang masa lalunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini