HUKUM BISNIS: Abaco Lunasi 30% Utang ASM Hingga Februari 2017

Bisnis.com,04 Jan 2017, 04:26 WIB
Penulis: Rio Sandy Pradana
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Abaco Investment Fund LP siap melunasi 30% utang yang dimiliki PT Asuransi Syariah Mubarakah dalam proses kepailitan hingga 28 Februari 2017.

‎‎Salah satu kurator ASM Sexio Noor Sidqi mengatakan Abaco siap mengambil alih dan mengakhiri proses kepailitan ASM. Adapun, total utang debitur senilai Rp139 miliar. "Rencananya Abaco akan melunasinya ‎melalui dua tahap yakni pada 31 Januari 2017 dan 28 Februari 2017," kata Sexio, Selasa (3/1/2017).

‎Dia menambahkan seluruh kreditur konkuren telah menyetujui rencana perdamaian tersebut pada pemungutan suara yang dilaksanakan akhir Desember 2016.

‎Abaco akan ‎membayar 30% nilai tagihan dari seluruh kreditur institusi dan pelunasan sisanya‎ akan diselesaikan melalui skema bisnis kedepan. Kreditur institusi adalah lembaga keuangan yang mengklaim tagihan pemegang polis kepada tim kurator secara kolektif.

‎Sebanyak 70% sisa tagihan kreditur institusi akan mengikuti skema pembayaran di bawah kondisi bisnis perusahaan. ASM akan menerima bantuan dari krediturnya berdasarkan proyeksi pendapatan.

‎Laporan tersebut akan segera diserahkan kepada hakim pengawas untuk diteruskan kepada majelis hakim pemutus. Nantinya, perdamaian tersebut akan disahkan (homologasi) dalam sidang permusyawaratan majelis hakim‎ sekaligus mengakhiri proses kepailitan debitur. "Sidang homologasi kemungkinan dilaksanakan pada minggu ketiga‎ Januari 2017," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Yusuf Waluyo Jati
Terkini