Kurang Vitamin D Bikin Sakit Kepala Kronis

Bisnis.com,05 Jan 2017, 14:49 WIB
Penulis: Newswire
Ilustrasi/Healthmeup

Bisnis.com, JAKARTA - Kekurangan vitamin D bisa meningkatkan risiko terkena sakit kepala kronis, menurut sebuah studi dari University of Eastern Finland.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports itu, peneliti menganalisa serum vitamin D dan 2600 orang laki-laki berusia 42 dan 60 tahun yang mengalami sakit kepala.

Sebanyak 68 persen dari para pria itu hanya mengalami kekurangan vitamin D, yakni di bawah 50nmoI/I. 250 orang mengaku menderita sakit kepala kronik setidaknya dalam kurun waktu seminggu dan mereka ternyata kekurangan vitamin D dibandingkan yang lainnya.

Saat populasi studi dibagi dalam empat kelompok berdasarkan kandungan serum vitamin D dalam tubuh, kelompok yang kandungan vitamin D nya paling rendah dua kali lipat berisiko menderita sakit kepala kronis.

Sakit kepala ini terjadi lebih banyak terjadi setelah musim panas, yakni pada Juni - September. Sinar matahari (UVB) merupakan sumber penting vitamin D. Demikian seperti dilansir laman resmi University of Eastern Finland.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini