Ribuan Pendemo akan Gagalkan Pelantikan Trump

Bisnis.com,13 Jan 2017, 11:26 WIB
Penulis: John Andhi Oktaveri
Donald Trump/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Ribuan demonstran akan menggagalkan pelantikan Presiden Donald Trump di Washington pekan depan, menurut sejumlah organisasi pelaksana aksi tersebut.

Demonstran akan berupaya menutup 12 pos pemeriksaan menuju Gedung Capitol tempat Trump dilantik pada 20 Januari mendatang, menurut kelompok yang menyebut diri mereka sebagai Disrupt J20 sebagaimana dikutip Reuters, Jumat (13/1/2017). Mereka berjanji akan melakukan parade sepanjang 4 km menuju Pennsylvania Avenue.

"Kami ingin menggagalkan pelantikan,:” ujar pelaksana aksi demo David Thurston pada acara konferensi pers kemarin. Menurutnya, aksi itu akan bergulir sebagai bentuk perlawanan di kota Washington DC dan akan menyebar ke seluruh negara bagian.

Akan tetapi tim transisi Trump tidak memberi komentar atas hasil konferensi pers tersebut. Demikian juga dengan pihak kepolisian wilayah District of Columbia.

Kelompok DisruptJ20, yang bekerja sama dengan Black Lives Matter dan kelompok pendemo lainnya, menyatakan pihaknya juga merencanakan aksi blokade pada acara resepsi pelantikan malam harinya.

Sebanyak 300 relawan DisruptJ20 akan memobilisasi pendemo dengan membentuk "Festival Penolakan."

"Kami tidak ingin adanya peralihan kekuasaan secara damai, kami akan menghentikannya,” ujar organizer aksi demo Legba Carrefour.

Kelompok tersebut telah mengantongi izin untuk beraksi dan berjanji akan membuat kejutan, ujar Juru Bicara Samantha Miller.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Bunga Citra Arum Nursyifani
Terkini