Tangkal Korupsi : China Larang Pesta untuk Pernikahan Kedua

Bisnis.com,19 Jan 2017, 11:25 WIB
Penulis: JIBI
Ilustrari pernikahan/Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Pemerintah Kota Kaili, Provinsi Guizhou, China, mengeluarkan peraturan baru untuk mengurangi pemborosan dan memberangus korupsi.

Isi peraturan itu berupa larangan menggelar pesta bagi pasangan pengantin yang menikah untuk kedua kalinya.

Pesta hanya diperbolehkan untuk acara pemakaman dan pernikahan yang pertama.

Secara rinci, peraturan daerah Guizhou ini mewajibkan pasangan yang akan menikah mendaftar rencana mereka untuk mengadakan pesta ke kantor pemerintah setempat. Ini untuk memastikan bahwa mereka belum pernah menikah sebelumnya.

Lalu, bagi keluarga yang ingin mengadakan perjamuan pemakaman anggota keluarga yang meninggal, diwajibkan menyerahkan besarnya pengeluaran perjamuan kepada aparat yang bertugas untuk itu dalam tempo sepuluh hari sebelum acara. Termasuk ,menyerahkan kuitansi pembelian anggur yang akan dikonsumsi saat menjamu tamu.

Partai Komunis yang berkuasa di China melancarkan kampanye antikorupsi di seluruh negeri. Kota Kaili merupakan satu dari beberapa kota yang dihuni orang kaya raya di China. Meski ada juga rakyat miskin di Provinsi Guizhou.

Mengutip BBC, 18 Januari 2017, peraturan baru ini mendapat dukungan dari banyak rakyat China untuk mempersempit jurang antara yang miskin dan kaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini