100 Petempur Front An-Nusra Tewas di Allepo

Bisnis.com,20 Jan 2017, 17:55 WIB
Penulis: Newswire
Kondisi di Suriah/Reuters

Bisnis.com, DAMASKUS -  Sedikitnya 100 petempur Front An-Nusra, yang memiliki hubungan dengan Al-Qaida, dan gerilyawan sekutunya tewas pada Jumat oleh serangan udara pimpinan AS terhadap posisi mereka di pinggiran Provinsi Aleppo, Suriah Utara.

Gerilyawan Front An-Nusra dan Nour Addien Zunki tewas ketika serangan udara oleh koalisi anti-teror pimpinan AS menyerang satu kamp pelatihan di Kota Kecil Dar Izzeh di pinggir barat Aleppo, kata laporan tersebut.

Laporan itu menyatakan Front An-Nusra menyiapkan pasukan untuk melancarkan serangan di Suriah setelah pembicaraan Suriah mendatang di Astana, Kazakhstan, kata Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat petang. Front An-Nusra tak disertakan dalam pembicaraan tersebut karena dicap sebagai kelompok teroris oleh PBB.

Memerangi petempur Front An-Nusra, kata laporan itu, akan termasuk dalam agenda pembicaraan tersebut, yang ditaja oleh Rusia dan Turki.

Kedua negara itu dikatakan akan membentuk pasukan lokal untuk memerangi Front An-Nusra di kubunya di Provinsi Idlib di bagian barat-laut Suriah.

Kelompok tersebut belum lama ini telah mengalami kerugian besar, sebab banyak komandonya telah dijadikan sasaran oleh koalisi lain anti-teror atau kelompok gerilyawan pesaingnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Martin Sihombing
Terkini