Christine Hakim Mimpi Bangun Sekolah Seni di Papua

Bisnis.com,07 Feb 2017, 19:17 WIB
Penulis: Nindya Aldila
Christine Hakim/Youtube

Bisnis.com, JAKARTA – Aktris senior Tanah Air Christine Hakim tengah berencana untuk membangun sekolah seni di Papua yang bertujuan untuk menjembatani calon sineas muda dan mengangkat kearifan lokal daerah.

Dia menilai, perkembangan seni khususnya film saat ini masih terlalu Jawa sentris. Dengan adanya pertumbuhan infrastruktur di pelosok daerah maka harus dimanfaatkan oleh para sineas untuk menyebarkan kecintaan masyarakat daerah terhadap film sekaligus mengangkat kearifan lokal masing-masing daerah.

Dia menyadari, bahwa membangun sekolah di pelosok daerah tidaklah mudah. Selain karena masalah biaya, tetapi juga harus membangun konsep yang matang. Untuk itu, dia mendorong para aktor dan aktris muda untuk bisa meneruskan cita-citanya.

“Kalau melihat pengembangannya dari Sabang sampai Merauke, mungkin antara di Merauke atau Jayapura. Saya juga ajak Reza Rahardian untuk regenarasi karena setiap harinya orang dituntut untuk punya tanggung jawab yang lebih,” ujarnya usai acara Kid Witness News, di Jakarta, Selasa (7/2/2017).

Dalam acara yang diselenggarakan PT Panasonic Gobel Indonesia tersebut,Christine berharap kompetisi film pendek bisa lebih diramaikan lagi ke-33 provinsi di Indonesia agar peserta daerah bisa lebih banyak terjaring.

“Paling tidak mereka sudah bisa memahami [proses pembuatan film]. Selain itu  juga bisa meningkatkan apresiasi masyarakat di Papua agar bisa nonton film. Jangan sampai tempat mereka hanya menjadi lokasi untuk pembuatan film asing atau Jawa saja,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini