Hasil Liga Belanda: Ajax & PSV Terus Merapat ke Feyenoord

Bisnis.com,13 Feb 2017, 01:16 WIB
Penulis: M. Syahran W. Lubis
Ajax Amsterdam/NU.nl

Bisnis.com, JAKARTA - Juara bertahan PSV Eindhoven dan Ajax Amsterdam meraih kemenangan dalam pertandingan pekan ke-22 Eredivisie Belanda untuk terus menguntit pemimpin klasemen Feyenoord Rotterdam dalam berebut gelar juara musim 2016-2017.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Philips di Eindhoven dan berakhir pada Senin dini hari WIB (13/2/2017), tuan rumah menang dengan skor telak 3-0 atas tamunya Utrecht. Ketiga gol PSV dilesakkan Luuk de Jong (52’), Steven Bergwijn (55’), dan Marco van Ginkel pada injury time.

Sementara itu Ajax harus berterima kasih kepada Kasper Dolberg yang mencetak satu gol dan memasok satu assist untuk memberi kemenangan 2-0 tim ibu kota tersebut atas tamunya Sparta Rotterdam.

Bertrand Traore membuka skor di ujung babak pertama dengan assist Dolberg, dan ketika babak kedua baru berjalan 4 menit, giliran Dolberg sendiri yang mencatatkan namanya di papan skor untuk menggandakan keunggulan menjadi 2-0 yang bertahan hingga laga usai.

Dengan kemenangan itu, posisi tiga teratas klasemen sementara diisi Feyenoord dengan nilai 57, diikuti Ajax 52, dan PSV 49.

Ajax, Feyenoord, dan PSV adalah penguasa kompetisi teratas dalam sistem sepak bola Belanda sepanjang sejarah sejak digulirkan 128 tahun silam. Ajax juara 33 kali, PSV 23, dan Feyenoord 14 kali.

Di luar ketiganya, yang pernah menjadi juara kompetisi teratas dalam sistem sepak bola Belanda ialah HVV Den Haag (10), Sparta Rotterdam (6), RAP Amsterdam (5), Go Ahead Eagles dan HFC Haarlem masing-masing empat kali, Willem II Tilburg dan HBS Craeyenhout masing-masing tiga kali, serta AZ Alkmaar, Heracles Almelo, ADO Den Haag, dan RCH Heemstede masing-masing dua kali.

Adapun NAC Breda, Twente Enschede, DWS Amsterdam, Roda JC Kerkrade, Be Quick Groningen, FC Eindhoven, SC Enschede, DOS Utrecht, FC Den Bosch, De Volewijckers, BSV Limburgia, SVV Schiedam, Quick Den Haag, dan VV Concordia masing-masing satu kali juara.

Berikut hasil lengkap pekan ke-22 WIB (12/2/2017): PEC Zwolle 2 vs NEC Nijmegen 0; Heracles Almelo 2 vs Roda JC Kerkrade 2; Go Ahead Eagles 3 vs ADO Den Haag 1; Feyenoord Rotterdam 2 vs Groningen 0; Vitesse Arnhem 0 vs Willem II Tilburg 2; Excelsior 1 vs Twente Enschede 1; Ajax Amsterdam 2 vs Sparta Rotterdam 0; SC Heerenveen 1 vs AZ Alkmaar 2; PSV Eindhoven 3 vs Utrecht 0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: M. Syahran W. Lubis
Terkini