Discovery Japan Kembali digelar, Simak Agendannya

Bisnis.com,18 Feb 2017, 06:55 WIB
Penulis: Azizah Nur Alfi

Bisnis.com, JAKARTA - The Japan Foundation, Jakarta, kembali menggelar Discovery Japan mulai 20 - 25 Februari 2017. Kegiatan yang diselenggarakan tiap tahun itu bertujuan memperkenalkan budaya Jepang, baik tradisional maupun modern, kepada publik.

Beberapa acara yang digelar diantaranya pengenalan Igo (catur Jepang), Chanoyu/Sado (upacara minum teh Jepang), dan demonstrasi Kimono. Melalui kegiatan ini, para pengunjung diharapkan dapat mengenal dan belajar mengenai budaya Jepang langsung dari pakarnya. Kegiatan ini terbuka untuk umum dan gratis.

Bagi Anda yang berencana menghadiri Discovery Japan 2017, simak agenda kegiatannya seperti dikutip Bisnis, Sabtu (18/2/2017):

1. Demonstrasi Igo (Catur Jepang)
Igo atau yang sering disebut catur Jepang dapat dijumpai pada Senin (20/2) pukul 10.00 - 15.00 di Hall The Japan Foundation Gedung Summitmas I Lt 2, Jakarta.

Igo dikenal sebagai permainan mengadu strategi layaknya perang. Igo adalah sebuah permainan dimana 2 orang pemain saling memperebutkan wilayah pertarungan dengan biji hitam dan biji putih untuk menandai wilayah kekuasaan masing-masing. Permainan ini sebenarnya berasal dari Cina, namun setelah masuk ke Jepang, Igo mengalami modifikasi dan pengembangan oleh bangsa Jepang. Igo kemudian semakin populer dan sekarang menjadi salah satu bagian dari budaya Jepang.

Permainan Igo mulai dikenal luas di Indonesia. Perkumpulan-perkumpulan Igo pun mulai dibentuk di daerah-daerah. Kali ini Federasi Igo Indonesia (FII) bekerja sama dengan The Japan Foundation, Jakarta akan mengadakan workshop Igo. Para pengunjung dapat bermain Igo dan belajar dan berdiskusi langsung dengan para instruktur Igo dari FII.

2. Pengenalan Sado (Upacara Minum Teh Jepang)
Sado atau yang lebih dikenal dengan chanoyu adalah salah satu budaya tradisional Jepang yang berawal pada abad 15. Sado adalah seni mempersiapkan, menyajikan, dan meminum teh tradisional Jepang. Dalam kegiatan ini, pengenalan upacara minum teh ala Jepang dikemas dalam acara “Ochakai”.

Anda yang ingin ikut mencoba teh hijau (maccha) khas Jepang bisa datang pada Selasa (21/2) pukul pukul 10.00 - 15.00 di Hall The Japan Foundation Gedung Summitmas I Lt 2, Jakarta. Segera mendaftar karena ini hanya berlaku bagi 60 orang pertama dengan pendaftaran dapat dilakukan mulai 13 Februari 2017.

3. Demonstrasi Kimono
Kimono adalah pakaian tradisional Jepang yang sudah dikenal luas. Pada zaman sekarang ini kimono sudah jarang dikenakan oleh orang Jepang dalam kegiatan sehari-hari. Kini fungsi kimono sudah bergeser dari pakaian sehari-hari menjadi pakaian yang lebih dipakai dalam acara-acara formal seperti upacara pernikahan, upacara kedewasaan, upacara kelulusan, dan lainnya. Sementara itu, Yukata adalah kimono santai yang dibuat dari kain katun tipis dan biasanya dipakai untuk kegiatan non-formal di musim panas, misalnya saat pergi ke festival dan melihat kembang api.

Anda yang ingin mengenal lebih jauh bagaimana pakaian tradisional negeri sakura ini, dapat hadir pada Selasa (21/2) pukul 14.00 - 16.00 di Hall The Japan Foundation Gedung Summitmas I Lt 2, Jakarta.

4. KAWAII ILLUSTRATION WORKSHOP with Kamo-sensei
Ini merupakan kali kedua The Japan Foundation, Jakarta mengadakan workshop ilustrasi yang dibimbing oleh pengajar ahli dari Jepang. Worskhop ini akan kembali dibawakan oleh Kamo sensei atas kerja sama dengan PT Zebra Indonesia.

Kamo Sensei adalah seorang ilustrator yang terkenal dengan ilustrasi pulpennya. Beliau memulai karir di sebuah kantor periklanan sebagai desainer grafis sebelum akhirnya menjadi seorang ilustrator dan desainer. Kamo Sensei sudah menulis sejumlah buku yang membahas tentang ilustrasi dengan pulpen. Karya ilustrasi Kamo-sensei dapat dilihat di instagram @illustratorkamo. Para peserta workshop akan diajak belajar tentang langkah-langkah membuat ilustrasi langsung dari ahlinya.

Peserta yang diutamakan dari guru, dosen, atau praktisi bidang seni. Workshop ini digelar pada Rabu (22/2) pukul 13.00 - 17.30 di Hall The Japan Foundation Gedung Summitmas I Lt 2, Jakarta. Pendaftaran dimulai 12 Februari 2017.

5. Demontrasi Ikebana
Ikebana adalah seni merangkai bunga gaya Jepang untuk menghadirkan pesona dan keindahan alam ke dalam ruangan. Meskipun setiap rangkaian mengandung makna dan terikat pakem-pakem tertentu, seorang perangkai tetap dapat mengekspresikan perasaannya melalui susunan bunga, daun, dan ranting.

Demonstrasi ikebana bekerja sama dengan perkumpulan Ikebana International chapter 224 Jakarta. Ada 2 cabang aliran ikebana yang akan melakukan demonstrasi, yaitu Ohara dan Shofukadokai. Anda dapat mengikuti demonstrasi Ikebana pada Kamis (23/2) pukul 14.00 -16.00 di Hall The Japan Foundation Gedung Summitmas I Lt 2, Jakarta.

6. Demonstrasi Origami
Thomas Andika adalah seorang remaja yang belajar origami secara otodidak. Meski memiliki kebutuhan khusus, remaja yang satu ini tidak pernah menyerah untuk terus menekuni hobi melipat kertas Jepang. Berkat ketekunannya, sekarang ia mampu menghasilkan berbagai bentuk origami dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Anda yang ingin mengikuti demonstrasi origami dapat hadir di Hall The Japan Foundation Gedung Summitmas I Lt 2, Jakarta pada Jumat (24/2) pukul 10.00 - 12.00.

7. Grand Final Kara OK Compe 2017
Grand Final Kara OK Compe 2017 merupakan rangkaian penutup dari Discovery Japan 2017 dan puncak dari lomba karaoke yang diadakan oleh The Japan Foundation, Jakarta. Kompetisi karaoke ini ditujukan untuk para generasi muda Indonesia yang memiliki antusias besar terhadap dunia musik Jepang.

Lomba ini diselenggarakan sebagai ajang untuk mengasah kemampuan tarik suara, menumbuhkan rasa percaya diri, serta memperluas jaringan pertemanan di kalangan pecinta budaya populer Jepang, khususnya bidang musik. Kualitas para pemenangnya sudah tidak diragukan lagi. Beberapa pemenang kompetisi sebelumnya bahkan mampu menembus pasar musik Jepang.

Dalam kompetisi ini, para peserta yang lolos 10 besar melalui seleksi video akan membuktikan kemampuan menyanyinya di hadapan para juri. Peserta yang masuk ke dalam grand final tentunya adalah peserta yang memiliki kualitas vokal terbaik. Acara ini akan dimeriahkan oleh bintang tamu dan hiburan lainnya. Acara grand final kompetisi Kara OK Compe tahun ini akan diselenggarakan pada Sabtu (25/2) pukul 14.00 - 17.00 di Hall The Japan Foundation Gedung Summitmas I Lt 2, Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Gita Arwana Cakti
Terkini