Kemenhub Siap Bantu Pendanaan Lanjutan Bandara Samarinda Baru

Bisnis.com,06 Mar 2017, 20:11 WIB
Penulis: Nadya Kurnia
Bandara Samarinda Baru di Kalimantan Timur/Skyscrapercity.com

Bisnis.com, BALIKPAPAN-Kementerian Perhubungan akan membantu kebutuhan anggaran untuk pembangunan Bandara Samarinda Baru dan bandara-bandara lainnya di Kalimantan Timur.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Bandar Udara Kemenhub Yudhi Sari Sitompul saat mengunjungi Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak belum lama ini.

"Akan kami upayakan untuk kebutuhan anggaran baik untuk pembangunan taxiway maupun untuk apronnya, termasuk pembangunan bandara-bandara lain di Kaltim," ungkapnya dalam rilis resmi Pemprov Kaltim, Senin (6/3/2017).

Selain itu, dia juga meminta agar pemerintah daerah setempat menaikkan status bandara-bandara khusus menjadi bandara umum agar pemerintah bisa mengucurkan bantuan melalui dana APBN.

Yudhi juga menyarankan agar Pemprov Kaltim bekerjasama dengan PT Angkasa Pura untuk mengelola Bandara Samarinda Baru dengan skema public private partnership. Dia mengatakan pihaknya siap memfasilitasi.

Sementara itu, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak menyetujui saran tersebut. Untuk merealisasikan skema kerja sama tersebut, pihaknya perlu bernegoisasi dengan Angkasa Pura, khususnya mengenai hak-hak pemerintah daerah.

"Kami sangat setuju lakukan kerjasama dengan Angkasa Puara I dengan  pola kerjasama PPP, oleh karenanya dinas terkait kiranya bisa menindaklanjuti, sehingga pada peresmiannya mendatang Angkasa Pura I sudah masuk, sehingga demikian kita tidak ada kesulitan lagi," tutup Awang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fajar Sidik
Terkini