Jokowi Minta Pertumbuhan Investasi Capai 8%

Bisnis.com,15 Mar 2017, 21:03 WIB
Penulis: Rio Sandy Pradana
Presiden Joko Widodo /Bisnis-Siti Munawaroh

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya meningkatkan pertumbuhan investasi per tahun di atas 8% untuk mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi hingga 6,1% pada 2018.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pemerintah hendak membuat rancangan sejak awal guna mewujudkan laju pertumbuhan dalam jangkauan 5,4%-6,1%. Range pertumbuhan tersebut diakui sangat besar dan tergantung perkembangan ekonomi pada 2017 hingga Q1/2018.

"Presiden menekankan skenario apapun [yang digunakan], semuanya membutuhkan investasi lebih besar. Jadi, growth investasi harus di atas 8% year on year," kata Sri Mulyani usai Sidang Kabinet Paripurna, Rabu (15/3/2017).

Dia menuturkan pencapaian pertumbuhan investasi tersebut tidak mungkin hanya melalui defisit APBN. Namun, paling penting dari pihak swasta‎, termasuk kontribusi dari kredit perbankan, capital market, belanja modal BUMN, penanaman modal asing, dan penanaman modal dalam negeri.

Pihaknya mengasumsikan laju inflasi akan pada tingkat 4,5 ±‎ 1. Adapun, nilai tukar rupiah sebesar Rp13,300--13.900 per dolar AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam Agus
Terkini