Mitra Pinasthika (MPMX) Jual 20% Saham di Anak Usaha Senilai Rp452 Miliar

Bisnis.com,23 Mar 2017, 14:00 WIB
Penulis: Riendy Astria
PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk./nissanyogyakarta

Bisnis.com, JAKARTA— PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. (MPMX) menjual 20% saham yang dimiliki perseroan dan anak usaha (Mitra Pinasthika Mustika Rent) di PT Mitra Pinasthika Mustika Finance kepada mitra strategisnya JACCS Co. Ltd.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang dipublikasikan Kamis (23/3/2017) dikemukakan bahwa hari ini perseroan melakukan penandatanganan perjanjian definitif untuk menjual 20% saham atau setara 244.895 saham di Mitra Pinasthika Mustika Finance (MPM Finance) kepada JACCS Co. Ltd., yang merupakan perusahaan pembiayaan dari Jepang.

Adapun, nilai transaksinya senilai Rp452,73 miliar. MPMFinance adalah anak usaha perseroan yang bergerak di bidang pembiayaan yang menawarkan jasa pembiayaan konsumen dan komersial baik untuk individu maupun korporasi melalui 100 kantor cabang dan outlet di seluruh Indonesia.

Penandatanganan perjanjian ini menindaklanjuti pengumuman yang dibuat oleh perseroan pada bulan Februari mengenai rencana pengurangan porsi kepemilikan di MPMFinance dari 60% ke 40% untuk berfokus serta mengembangkan bisnisnya dari consumer automotive ke bidang smart mobility.

JACCS sebagai mitra strategis jangka panjang perseroan, dapat mengoptimalkan pertumbuhan bisnis MPMFinance ke tingkat selanjutnya serta memanfaatkan potensi pertumbuhan sektor pembiayaan secara maksimal.

Perseroan menargetkan untuk menyelesaikan transaksi secara efektif pada akhir April 2017, setelah memperoleh persetujuan yang berlaku dari seluruh pemangku kepentingan perseroan, termasuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK), para kreditur MPMFinance, juga pemenuhan terhadap seluruh peraturan hukum yang berlaku.

Setelah transaksi ini selesai dilaksanakan, MPMX akan terus memberikan dukungannya pada MPMFinance dengan menyediakan akses ke seluruh jaringan perseroan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Gita Arwana Cakti
Terkini