Balikpapan Deflasi 0,03%, Terendah Ketiga di Kalimantan

Bisnis.com,03 Apr 2017, 17:25 WIB
Penulis: Nadya Kurnia
Pasar Tradisional. /Antara

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Badan Pusat Statistik Kota Balikpapan mencatat laju inflasi kota minyak sepanjang Maret mencapai -0,03%, adapun laju inflasi tahunan mencapai 4,69%.

Bila dibandingkan dengan seluruh kota di Kalimantan, Kota Balikpapan menduduki posisi deflasi terendah ketiga setelah Kota Pontianak dan Singkawang yang masing-masing deflasi 0,26% dan 0,13%.

Adapun kota dengan laju inflasi tertinggi antara lain adalah Kota Sampit dengan laju inflasi sebesar 0,92%, disusul oleh Kota Tarakan dengan laju inflasi 0,40%, dan Kota Palangkaraya dengan laju inflasi 0,39%.

Menurut Kepala BPS Balikpapan Nur Wahid, deflasi Balikpapan dikontribusi oleh kelompok transport, komunikasi, dan jasa keuangan yang deflasi sebesar 1,01%.

"Komoditas yang menyumbang deflasi besar pada kelompok tersebut adalah tarif pulsa ponsel dan angkutan udara," jelasnya, Senin (3/4/2017).

Sedangkan kelompok yang mengalami inflasi tertinggi adalah kelompok kesehatan, dengan laju inflasi 0,69%. Kemudian diikuti oleh kelompok bahan makanan dengan laju inflasi 0,49%.

Adapun komoditas yang menyumbang inflasi terbesar pada masing-masing kelompok antara lain daging ayam ras, ikan layang, sayur-sayuran, pasta gigi, sabun mandi, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fajar Sidik
Terkini