7-DDR Diprediksi Tetap 4,75%

Bisnis.com,19 Apr 2017, 16:31 WIB
Penulis: Hadijah Alaydrus

Bisnis.com, JAKARTA--Suku bunga acuan Bank Indonesia, 7 Day Repo Rate, diperkirakan tidak akan mengalami perubahan atau tetap berada dalam level 4,75% pada bulan ini mengingat stabilitas perekonomian domestik masih kuat. 

 Sebanyak 14 ekonom yang disurvei Bloomberg yakin Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia yang akan dilaksanakan minggu ini, Rabu dan Kamis (19-20 April 2017) akan mempertahankan 7 Day Repo Rate (7DDR) pada kisaran 4,75%. Dengan demikian, suku bunga 4,75% telah bertahan sejak Oktober atau lima bulan berturut-turut. 

Kepala Ekonom CIMB Niaga Adrian Panggabean menuturkan suku bunga seharusnya netral saat ini karena Bank Indonesia tidak memiliki alasan kuat untuk menaikan atau menurunkan suku bunga.

"Sampai semester I/2017, karena pertumbuhan ekonomi segitu [kisaran 5%], production capacity atau manufacturing capacity masih 75%-76%, maka tidak ada alasan bagi Bank Indonesia untuk menaikan suku bunga atau menurunkan," ujarnya kepada Bisnis, awal minggu ini (17/4). 

Dia yakin Bank Indonesia akan menjaga suku bunga hingga akhir tahun karena Indonesia tidak memiliki kekhawatiran terhadap suku bunga riil. Menurutnya, rata-rata inflasi tahunan Indonesia walaupun bisa mencapai 4,2%-4,5% pada Desember 2017, rata-rata inflasinya masih 3,9%. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Lutfi Zaenudin
Terkini