Gubernur Sumut Jamin Harga Kebutuhan Pokok Stabil Saat Puasa Dan Lebaran

Bisnis.com,02 Mei 2017, 21:50 WIB
Penulis: Yoseph Pencawan
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (berkemeja putih) dan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi saat memeriksa stok gula PT Medan Sugar Industry di Kawasan Industri Medan, 2 Mei 2017./JIBI - Yoseph Pencawan

Bisnis.com, MEDAN - Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi menjamin bahwa stok minyak goreng dan kebutuhan pokok lain di daerahnya dalam keadaan aman menghadapi bulan puasa dan Lebaran 2017.

Hal itu dia kemukakan saat mendampingi Menteri Perdagangan yang melakukan kunjungan kerja ke Medan, Selasa (2/5/2017).

"Tidak ada alasan kenaikan harga sehingga masyarakat kami minta selalu tenang," ujarnya.

Tengku Erry mengaku Pemprov sudah mengingatkan Pemkab/Pemkot untuk menjaga ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok.

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sumut juga sudah melakukan berbagai langkah untuk menjaga ketersediaan dan harga barang bahan pokok.

Adapun menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut Alwin Sitorus, berdasarkan hasil pantauan harga di Pasar Sei Sikambing, Medan, pada Selasa (2/5), harga minyak curah dijual dengan harga Rp10.300 per kg.

Sedangkan minyak goreng kemasan berada di kisaran Rp11.000--RpRp12.000.

Harga berbagai bahan pokok, khususnya minyak goreng, gula dan beras di Sumut, khususnya Medan, juga menurutnya cukup stabil bahkan menunjukkan tren penurunan.

"Hanya bawang putih yang harganya naik dari Rp34.000 menjadi Rp48.000 per kg."

Sehari sebelum kedatangan Mendag ke Medan, Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan melakukan inspeksi ke dua toko ritel besar di Kota Medan.

Yakni Maju Bersama yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso dan Carrefour di Jalan Gatot Subroto.

Inspeksi dipimpin langsung Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Tjahya Widayanti didampingi Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Antar Lembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan Eva Yuliana.

Keduanya juga ditemani sejumlah pejabat a.l. Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba, Kepala Bulog Divre I Sumut Imran Rasydy Abdullah dan Kepala Disperindag Sumut Alwin Sitorus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Martin Sihombing
Terkini