SAMUEL SEKURITAS: Data Ekonomi AS Angkat Sentimen Pasar Global

Bisnis.com,19 Mei 2017, 09:00 WIB
Penulis: Bunga Citra Arum Nursyifani
Bursa AS./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Samuel Sekuritas memprediksi pergerakan pasar saham hari ini, Jumat (19/5/2017), masih dipengaruhi oleh kisruh politik AS, meskipun positifnya data ekonomi negara tersebut cukup memperbaiki sentimen.

Baiknya data AS obati kisruh politik, dolar AS kembali kuat. Kisruh politik AS yang semakin intensif mengangkat pesimisme. Namun semalam, baiknya beberapa rilis data ekonomi AS menyelamatkan The Greenback dari penurunan yang lebih dalam.

Harga minyak mentah serta batubara mulai konsisten naik, pertanda bahwa sentimen negatif di pasar komoditas hanyalah temporer.

Dari dalam negeri, Bank Indonesia mempertahankan BI RR rate. Penguatan harga komoditas belum mampu mencegah rupiah dari depresiasi akibat tekanan pelemahan terhadap dolar AS yang merata di Asia pada perdagangan Kamis kemarin (18/5/2017). Kembalinya penguatan IHSG juga tidak dibarengi oleh penguatan di pasar SUN.

Keputusan BI yang mempertahankan BI RR rate tidak terlalu banyak berpengaruh seiring dengan tidakadanya perubahan pandangan yang signifikan. Tetapi secara umum, mulai konsistennya penguatan harga komoditas akan memberikan pertahanan lebih terhadap rupiah di tengah gejolak di pasar keuangan global.

Berikut berita pasar yang dirangkum oleh Samuel Sekuritas:

Berita Global

Berita Domestik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Bunga Citra Arum Nursyifani
Terkini