ASEAN Cyber ABC Hasilkan Panduan Dunia Siber Untuk Anak

Bisnis.com,08 Jul 2017, 15:40 WIB
Penulis: Krizia Putri Kinanti
Main gadget malam hari/shuttershock.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Program ASEAN Cyber Wellness Training of Tutors (CWTOT) 2017 yang dilaksanakan 6-8 Juli 2017 di Cyber Security Center ITB Jatinangor Jawa Barat menghasilkan sebuah panduan di dunia siber bagi anak-anak sekolah dasar dan menengah yaitu ASEAN Cyber ABC.

Kepala Pusat Cyber Security Center ITB, Yusep Rosmansyah mengatakan ASEAN Cyber ABC ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi anak-anak untuk mencapai cyber wellness.

"ASEAN Cyber ABC ini diharapkan menjadi panduan agar anak-anak menjadi warganet yang baik, di mana end user nya adalah anak SD dan SMP. ASEAN Cyber ABC sendiri merupakan penyederhanaan 3 aspek yaitu cyber awareness, cyber building dan cyber character," ungkap melalui situs resmi kominfo, Sabtu (8/7).

Lebih lanjut Yusep menjelaskan bahwa Cyber Awareness merupakan bentuk kesadaran agar kita lebih mengetahui apa itu cyber world, aktivitas apa saja yang ada di dalamnya beserta ancaman dan bahayanya.

Sedangkan Cyber Building merupakan bentuk hard skill untuk membekali anak kita dalam beraktivitas di dunia siber. "Kita berharap anak-anak kita mampu menjadi warganet aktif dalam mengembangkan konten dan membuat coding, sehingga industri kreatif kita bisa ikut berkembang," tambah Yusep.

Untuk Cyber Character sendiri lebih ke arah soft skill dimana bahasannya lebih kepada bagaimana antisipasi dan konsekuensi yang muncul dari cyber bullying.

Yusep yang juga menjadi Ketua Panitia ASEAN Cyber Wellness Training of Tutors (CWTOT) 2017 dan Indonesia Cyberkids Camp 2017 berharap ASEAN Cyber ABC bisa menjadi guideline yang berguna bagi semua anggota ASEAN dan bisa dimanfaatkan para guru untuk menjadikan siswanya jadi warganet yang baik dan mampu mencapai cyber wellness.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fajar Sidik
Terkini