Real Madrid Klub dengan Koefisien Tertinggi di Eropa

Bisnis.com,12 Jul 2017, 17:30 WIB
Penulis: Ihya Ulum Aldin
Real Madrid/Reuters

Bisnis.com, EROPA - Menjelang musim 2017/18, peringkat klub berdasarkan koefisien dirilis oleh UEFA. Klub-klub Spanyol mendominasi daftar tersebut, sedangkan Liga Primer Inggris (EPL) tidak ada di daftar 8 besar, seperti dilansir oleh Mirror.

Peringkat tersebut didasarkan pada penampilan klub di Liga Champions dan Liga Eropa selama lima musim terakhir. Tidak mengherankan jika Real Madrid memimpin daftar tersebut, setelah memenangkan tiga Liga Champions dalam lima tahun terakhir, di atas Atletico Madrid dan Barcelona.

Dalam dua tahun terkhir, tampaknya klub Liga Primer Inggris kesulitan untuk dapat menembus 8 besar. Tahun lalu, Chelsea yang berada di peringkat 10 merupakan klub EPL dengan peringkat terbaik.

Tahun ini klub EPL masih lebih baik, walaupun masih buruk, karena Manchester City yang merupakan klub dari EPL dengan peringkat paling tinggi hanya bercokol di peringkat 9.

Sedangkan juara Liga Eropa musim lalu, Manchester United, hanya berada di urutan 16 di belakang Arsenal (11) dam Chelsea (13). Poin The Red Devil rendah di musim 2014/15 di mana mereka tidak ikut serta di kompetisi Eropa.

Atletico Madrid sukses menyalip Barcelona yang berada di urutan ketiga dengan menduduki peringkat kedua. Sedangkan peringkat keempat dihuni oleh klub Jerman Bayern Munchen. Juventus masih mempertahankan posisinya diperingkat lima. 

Berikut 50 besar peringkat klub Eropa yang diliris oleh UEFA:

Sumber: uefa.com

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ajijah
Terkini